METODE PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) KELAS INKLUSI DI SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG

TITI SURYATI, 17210153026 (2019) METODE PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) KELAS INKLUSI DI SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (453kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Titi Suryati, 17210153026, Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas Inklusi di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, 2019. Pembimbing: Mustofa, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Metode pembelajaran Bahasa Indonesia, Anak Berkebutuhan Khusus, dan Kelas Inklusi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas, bahwa seseorang perlu mengenyam pendidikan guna mengasah kemampuan dan mengembangkan bakat minat yang hakiki dimilikinya. Sebagaimana yang termaktub dalam UU No. 20 Thn 2003 Pasal 5, bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk untuk memperoleh pendidikan bermutu, termasuk difabel atau Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). ABK kerap dipandang kelompok minoritas, yang mengalami diskriminasi keberadaan dan sosialisasinya. Untuk mengawal seberapa peran pemerintah dan pendidikan dalam hal tumbuh kembang ABK, maka dilakukanlah penelitian yang dapat mengidentifikasi proses pembelajarannya. Fokus penelitian ini adalah 1) Apa saja metode pembelajaran Bahasa Indonesia yang digunakan untuk ABK kelas inklusi SMP Islam Al Azhaar Tulungagung 2018/2019? 2) Apa saja alasan penggunaan metode pembelajaran Bahasa Indonesia yang digunakan untuk ABK kelas inklusi SMP Islam Al Azhaar Tulungagung 2018/2019? 3) Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran Bahasa Indonesia yang digunakan untuk ABK kelas inklusi SMP Islam Al Azhaar Tulungagung2018/2019? Adapun tujuan peneliti ini di antaranya, 1) Mengidentifikasi metode pembelajaran Bahasa Indonesia yang digunakan untuk ABK kelas inklusi SMP Islam Al Azhaar Tulungagung 2018/2019. 2) Mengidentifikasi alasan penggunaan metode pembelajaran Bahasa Indonesia yang digunakan untuk ABK kelas inklusi SMP Islam Al Azhaar Tulungagung 2018/2019. 3) Mengidentifikasi pelaksanaan metode pembelajaran Bahasa Indonesia yang digunakan untuk ABK kelas inklusi SMP Islam Al Azhaar Tulungagung 2018/2019. Berkaitan dengan persoalan yang diurai dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah jenis kualitatif deskriptif. Penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak, yang memiliki teknik dasar sadap. Metode pengumpulan data di atas dapat dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi tiga rangkaian, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sementara teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini menyatakan, bahwa 1) metode pembelajaran Bahasa Indonesia ABK kelas inklusi SMP Islam Al Azhaar yang digunakan meliputi, tanya jawab, penugasan, dan pembelajaran individual. 2) Alasan penggunaan metode pembelajaran adalah dipilih sesuai kemampuan daya tangkap ABK. 3) Pelaksanaan metode pembelajaran berlangsung dengan praktik kontekstual dan kondisional. Selain itu, dalam pelaksanaan pembelajaran, pendidik menggunakan media untuk membantu pemahaman ABK.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210153026 TITI SURYATI
Date Deposited: 02 Sep 2019 08:36
Last Modified: 02 Sep 2019 08:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13224

Actions (login required)

View Item View Item