PENGARUH SARANA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI KAUMAN 1 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

BELLA PUTRI AGRIES A.P, 17205153119 (2019) PENGARUH SARANA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI KAUMAN 1 KOTA BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (392kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “ Pengaruh Sarana Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kauman 1 Kota Blitar” ditulis oleh Bella Putri Agries Ayuning Pangestu, NIM. 17205153119, pembimbing Dr.Khoirul Anam, M.pd.I. Kata Kunci: Sarana Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pendidikan saat ini telah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Disamping itu, dipicu dengan teknologi yang berkembang dengan pesat. Dan juga pada saat ini siswa dituntut lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui tentang sarana pembelajaran yang ada pada suatu lembaga pendidikan. Dalam hal ini peneliti ingin menghubungkan masalah sarana pembelajarandan minat terhadap hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kauman 1 Kota Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh sarana pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN Kauman 1 Kota Blitar? (2) Adakah pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN Kauman 1 Kota Blitar ?,(3) Adakah pengaruh sarana pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN Kauman 1 Kota Blitar ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh sarana pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN Kauman 1 Kota Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN Kauman 1 Kota Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh sarana pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN Kauman 1 Kota Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional, teknik pengambilan sampling menggunakan teknik nonprobability sampling jenis sampling jenuh. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kauman 1 Kota Blitar yang berjumlah 31 siswa, sedangkan sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kauman 1 Kota Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana dan uji Anova, yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan linieritas Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa pengaruh sarana pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran PAI di SDN Kauman 1 Kota Blitar, didapat nilai thitung adalah 3.769 dan diketahui nilai ttabel 2,034 sehingga thitung>ttabel dan thitung = 3.769, thitung>ttabel dan taraf sign 0,007 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, menunjukkan “ada pengaruh yang signifikan sarana pembelajaran terhadap hasil belajar PAI”. (2) Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran PAI di SDN Kauman 1 Kota Blitar, didapat nilai thitung adalah 4.482 dan diketahui nilai ttabel 2,034 sehingga thitung>ttabel dan taraf sign 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, menunjukkan “ada pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar PAI”. (3) FTabel adalah 3,34 dengan perbandingan antara FHitung dengan FTabel diperoleh kesimpulan bahwa FHitung > FTabel (4.004 > 3,28), maka menolak H0 . artinya, secara simultan terdapat pengaruh antara variabel sarana pembelajaran (X1), dan minat belajar (X2), terhadap hasil belajar PAI (Y).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153119 BELLA PUTRI AGRIES A.P
Date Deposited: 02 Sep 2019 03:52
Last Modified: 02 Sep 2019 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13274

Actions (login required)

View Item View Item