ANALISIS STRATEGI SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK PEMBIAYAAN DI KOPERASI SYARIAH BMT SAHARA KAUMAN DAN BTM AN-NUUR KARANGREJO

ABDUL AZIS SUBKAN, 17401153073 (2019) ANALISIS STRATEGI SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK PEMBIAYAAN DI KOPERASI SYARIAH BMT SAHARA KAUMAN DAN BTM AN-NUUR KARANGREJO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Segmentasi, Targetting, dan Positioning untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Pembiayaan di BMT Sahara Kauman dan BTM An-Nuur Karangrejo” ini ditulis oleh Abdul Azis Subkan, NIM 17401153073, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Nur Aini Latifah, SE,.MM Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh ketatnya persaingan antar lembaga keuangan terutama yang berbasis syariah dan konvensional yang semakin hari semakin sengit. Langkah kongkritnya adalah dengan cara menerapkan strategi Segmentasi, Targetting, dan Positioning agar produk-produk yang diciptakan sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan masyarakat karena hal tersebut berkaitan dengan daya saing yang strategis dan kemampuan menghasilkan laba yang maksimal. Tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui strategi segmentasi, targeting dan positioning. yang dilakukan di Kopsyah BMT Sahara Kauman dan BTM An-Nuur Karangrejo dalam meningkatkan daya saing pembiayaan murabahah. 2)Untuk mengetahui dampak dari penerapan strategi segmentasi, targeting, dan positioning di Kopsyah BMT Sahara Kauman dan BTM An-Nuur Karangrejo. 3)Untuk mengetahui kendala dan upaya yang dilakukan untuk menghadapi di Kopsyah BMT Sahara Kauman dan BTM An-Nuur Karangrejo. Metode penulisan yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian diskriptif. Informasi diperoleh dari observasi, dokumentasi dan wawancara langsung. Teknik analisis data dengan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi segmentasi, targeting, dan positioning yang dilakukan BMT Sahara dan BTM An-Nuur dilakukan dengan menentukan segmen pasar lalu menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kendala yang dihadapinya yakni kurangnya kesadaran masyarakat akan transaksi yang halal, banyaknya masyarakat yang belum menyadari kehadiran BMT, banyaknya masyarakat yang cenderung menggunakan jasa bank umum, sulitnya merubah mindset masyarakat. Upaya yang dilakukan BMT dalam mengatasi kendala tersebut yakni memberikan informasi terkait keuntungan yang didapatkan nasabah, dan memberikan edukasi kepada masyarakat, menjelaskan alur dana yang diolah dengan sistim syariah. Kata Kunci: Segmentasi, Targetting, Positioning. Keunggulan Bersaing

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153073 ABDUL AZIS SUBKAN
Date Deposited: 02 Sep 2019 04:41
Last Modified: 02 Sep 2019 04:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13284

Actions (login required)

View Item View Item