ARINATUSSA’DIYAH, 12506174014 (2019) PERBANDINGAN METODE AN-NAHDLIYAH DAN METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (Studi Multi Kasus di SMK NU Tulungagung dan SMK Islam Al-Azhaar Tulungagung). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (410kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (442kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (151kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Perbandingan Metode An-Nahdliyah dan Metode Yanbu’a dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Studi Multi Kasus di SMK NU Tulungagung dan SMK Islam Al-Azhaar Tulungagung)” ini ditulis oleh Arinatussa’diyah. Dosen pembimbing Dr. Sokip, M.Pd.I dan Dr. Maftukhin, M.Ag. Kata Kunci: Metode An-Nahdliyah, Metode Yanbu’a, Baca Tulis Al-Qur’an. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh masih sedikitnya masyarakat yang dapat membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang benar, bahkan masih ada masyarakat yang belum bisa membaca Al-Qur’an. Hal ini dibuktikan dengan kebanyakan orang tua cenderung memasukkan anaknya di lembaga-lembaga pendidikan formal, dengan harapan kelak anaknya bisa menjadi orang-orang pandai dan intelek. Namun mereka lupa terhadap pendidikan agamanya, penanaman kepribadian dan keimanan serta ketakwaan sangat sedikit mereka fikirkan, karena mereka menganggap bahwa ajaran agama tidak penting. Upaya yang harus dilakukan dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an yaitu dengan mengadakan pembelajaran Al-Qur’an di lembaga-lembaga pendidikan, baik formal maupun non formal. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di SMK NU Tulungagung dan metode Yanbu’a di SMK Islam Al-Azhaar Tulungagung?; (2) Bagaimana materi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan Metode An-Nahdliyah di SMK NU Tulungagung dan metode Yanbu’a di SMK Islam Al-Azhaar Tulungagung?; dan (3) Bagaimana implikasi dari pembelajaran baca tulis Al-Qur’an metode An-Nahdliyah di SMK NU Tulungagung dan metode Yanbu’a di SMK Islam Al-Azhaar Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari: observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kasus tunggal dan analisis lintas kasus. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data di antaranya perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber dan metode. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di SMK NU Tulungagung dan metode Yanbu’a di SMK Islam Al-Azhaar Tulungagung bertujuan agar peserta didik dapat membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid. Langkah-langkahnya terdiri dari: Do’a pembuka, klasikal, privat, evaluasi, motivasi, dan do’a penutup. (2) Materi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di SMK NU Tulungagung terdiri dari: buku jilid (jilid 1-6), Al-Qur’an, dan buku “Bekal Calon Pemimpin. Sedangkan materi pembelajaran dengan metode Yanbu’a terdiri dari: Juz pemula, Juz 1-7, Al-Qur’an, dan materi hafalan. (3) Implikasi dari pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di SMK NU Tulungagung dan metode Yanbu’a di SMK Islam Al-Azhaar Tulungagung antara lain: peserta didik dapat membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid dan dapat menulis huruf Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506174014 ARINATUSSA’DIYAH |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 06:58 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 06:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13285 |
Actions (login required)
View Item |