KETENANGAN JIWA PADA LANSIA PENGAMAL AJARAN TAREKAT QADIRIYYAH WA NAQSYABANDIYAH (FENOMENOLOGI JAMA’AH DI DESA PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG)

MUHAMMAD ALIF YAHYA, 1733143047 (2019) KETENANGAN JIWA PADA LANSIA PENGAMAL AJARAN TAREKAT QADIRIYYAH WA NAQSYABANDIYAH (FENOMENOLOGI JAMA’AH DI DESA PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.rtf

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Ketenangan Jiwa Pada Lansia Pengamal Ajaran Tarekat Qadiriyyah wa Naqsyabandiyah (Fenomenologi Jama’ah di Desa Podorejo Sumbergempol Tulungagung)”. Yang ditulis oleh Muhammad Alif Yahya, Nim. 1733143047, dosen pembimbing Ahmad Sauqi S.Ag, M.Pd.I. Kata Kunci: Ketenangan Jiwa, Lansia, Tarekat Qadiriyyah wa Naqsyabandiyah Dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena lansia yang mempunyai kematangan dalam keberagamaan yang mampu membuat jiwa mereka tenang dengan mengamalkan ajaran dalam sebuah tarekat. Dalam hal ini, penulis ingin mengetahui suatu makana tentang ketenangan jiwa Pada Lansia Pengamal Ajaran Tarekat Qadiriyyah wa-Naqsyabandiyah di desa Podorejo kecamatan Sumbergempol kabupaten Tulungagung. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana latarbelakang seorang lansia mengikuti kegiatan tarekat Qadiriyyah wa Naqsyabandiyah ? (2) Apa saja dan bagaimana pelaksanaan amalan yang dikerjakan para jama’ah (lansia) dalam kegiatan ketarekatan ? (3) Bagaimana penerapan amalan tarekat Qadiriyyah wa Naqsyabandiyah dalam meningkatkan ketenangan jiwa pada lansia dalam kehidupan sehari-hari?. Dari fokus penelitian tersebut diperoleh tujuan dari penelitian ini, antara lain adalah Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tekhnik purposive sampling yaitu dengan menggunakan tiga subjek dengan kriteria mengikuti tarekat kurang lebih dari 5 tahun yang mengalami peningkatan kualitas hidup dan mengalami ketenangan dalam menghadapi problematika kehidupan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latarbelakang lansia mengikuti kegiatan tarekat adalah mencari ilmu yang bermanfaat dan lebih mendekatkan diri lagi kepada Allah SWT. Dengan mengamalkan ajaran tarekat Qadiriyyah wa Naqsyabandiyah para lansia dapat meningkatkan kualitas hidup dan ketenangan jiwa dalam menghadapi menhghadapi problematika kehidupan dan dapat bersikap lebih baik terhadap orang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi
Depositing User: 1733143047 MUHAMMAD ALIF YAHYA
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:48
Last Modified: 05 Sep 2019 02:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13290

Actions (login required)

View Item View Item