ANALISIS TIPE BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HOTS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

MAFTUHATUL HABIBAH, 17204153070 (2019) ANALISIS TIPE BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HOTS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Maftuhatul Habibah, 17204153070, “Analisi Tipe Berpikir Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Matematika Tipe HOTS Ditinjau dari Gaya Belajar”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulunggagung, Pembimbing : Dr. Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Tipe Berpikir, Soal Matematika Tipe HOTS, Gaya Belajar Upaya peningkatan hasil pembelajaran dan kemampuan berpikir siswa sejalan dengan tujuan Kemendikbud dalam merubahan sistem pembelajaran tertuang dengan munculnya kurikulum 2013. Pada pelaksanaanya mengharuskan pendidik untuk mengetahui sejauh mana hasil pembelajaran yang telah dilakukan selama ini. Penilaian keberhasilan pembelajaran tersebut dapat dilihat dari kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa. Metode pembelajaran dan gaya belajar siswa yang beragam, juga harus dilakukan evaluasi guna mengetahui pencapaian kemampuan berpikir tingkat tingginya, yakni dengan melihat tipe berpikir siswa tersebut dalam menyelesaiakan soal HOTS dalam pembelajaran yang telah dilakukan. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan : 1). Tipe berpikir siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS. 2). Tipe berpikir siswa dengan gaya belajar auditori dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS. 3). Tipe berpikir siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII-A MTsN 4 Trenggalek yang terdiri dari 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa bergaya belajar auditori, dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi teknik, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tipe berpikir siswa dengan gaya belajar visual memiliki kecenderungan pada indikator tipe berpikir semi konseptual, yakni keduanya (a) mampu mengungkapkan apa yang diketahui dalam soal dengan kalimatnya sendiri (b) kurang mampu mengungkapkan apa yang ditanya dalam soal dengan kalimatnya sendiri (c) kurang mampu menentukan konsep penyelesaian soal dan (d) kurang mampu dalam menjelaskan langkah-langkah yang ditempuh dalam menyelesaikan soal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tipe berpikir siswa dengan gaya belajar visual adalah semi konseptual. 2) Tipe berpikir siswa dengan gaya belajar auditori memiliki kecenderungan pada indikator tipe berpikir konseptual, yakni keduanya (a) mampu mengungkapkan apa yang diketahui dalam soal dengan kalimatnya sendiri (b) mampu mengungkapkan apa yang ditanya dalam soal dengan kalimatnya sendiri (c) mampu menentukan konsep penyelesaian soal dan (d) mampu dalam menjelaskan langkah-langkah yang ditempuh dalam menyelesaikan soal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tipe berpikir siswa dengan gaya belajar auditori adalah konseptual. 3) Tipe berpikir siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kecenderungan pada indikator tipe berpikir konseptual, yakni keduanya (a) mampu mengungkapkan apa yang diketahui dalam soal dengan kalimatnya sendiri (b) mampu mengungkapkan apa yang ditanya dalam soal dengan kalimatnya sendiri (c) mampu menentukan konsep penyelesaian soal dan (d) mampu dalam menjelaskan langkah-langkah yang ditempuh dalam menyelesaikan soal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tipe berpikir siswa dengan gaya belajar kinestetik adalah konseptual.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153070 MAFTUHATUL HABIBAH
Date Deposited: 06 Sep 2019 03:13
Last Modified: 06 Sep 2019 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13319

Actions (login required)

View Item View Item