ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK ANEKA KERIPIK PADA UMKM SEKAR ARUM SUKOSEWU GANDUSARI BLITAR

CHUSNUL CHOTIMAH, 17402153198 (2019) ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK ANEKA KERIPIK PADA UMKM SEKAR ARUM SUKOSEWU GANDUSARI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Aneka Keripik Pada UMKM Sekar Arum Sukosewu Gandusari Blitar” yang ditulis oleh Chusnul Chotimah, NIM. 17402153198, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dosen Pembimbing: Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. UMKM Sekar Arum merupakan UMKM Desa yang berlokasi di Desa Sukosewu Gandusari Blitar. UMKM ini memiliki produk aneka keripik yang diproduksi beberapa pelaku usaha di Desa Sukosewu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Aneka Keripik Pada UMKM Sekar Arum Sukosewu Gandusari Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana faktor internal yang dihadapi UMKM Sekar Arum Sukosewu Gandusari Blitar? (2) Bagaimana faktor eksternal yang dihadapi UMKM Sekar Arum Sukosewu Gandusari Blitar? (3) Bagaimana menentukan strategi pemasaran yang cocok pada UMKM Sekar Arum Sukosewu Gandusari Blitar? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui faktor internal yang dihadapi UMKM Sekar Arum Sukosewu Gandusari Blitar (2) Untuk mengetahui faktor eksternal yang dihadapi UMKM Sekar Arum Sukosewu Gandusari Blitar (3) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang cocok pada UMKM Sekar Arum Sukosewu Gandusari Blitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan konsep Fredd, R. David yaitu melalui tiga tahap perumusan strategis yaitu tahap masukan, tahap pencocokan, dan tahap pengambilan keputusan. Pada tahap masukan di analisis menggunakan matrik IFE dan matrik EFE. Pada tahap pencocokan di analisis menggunakan matrik IE, Grand Strategy, dan matrik SWOT. Dan pada tahap yang terakhir adalah tahap pengambilan keputusan di analisis menggunakan matrik QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal dari UMKM Sekar Arum yaitu ada faktor kekuatan dan faktor kelemahan. Faktor kekuatan dari UMKM Sekar Arum diantaranya kualitas produk terjamin, bahan baku mudah didapatkan, produknya beragam, harga terjangkau, dan menjadi produk unggulan Desa. Sedangkan faktor kelemahan dari UMKM Sekar Arum diantaranya terbatasnya modal operasional, dan pemasaran belum maksimal. Faktor eksternal dari UMKM Sekar Arum yaitu ada faktor peluang dan faktor ancaman. Faktor peluang dari UMKM Sekar Arum diantaranya tingkat ketersediaan tenaga kerja memadai, mengadakan seminar kewirausahaan, mengadakan acara untuk ajang promosi, permintaan meningkat pada saat musim tertentu, dan minat konsumen tinggi. Sedangkan faktor ancaman dari UMKM Sekar Arum diantaranya persaingan dari luar semakin ketat, tidak stabilnya harga bahan baku, dan muncul produk serupa yang lebih inovatif. Hasil dari semua analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil akhir mengenai strategi pemasaran yang cocok untuk diterapkan UMKM Sekar Arum adalah strategi penetrasi pasar. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153198 CHUSNUL CHOTIMAH
Date Deposited: 06 Sep 2019 02:15
Last Modified: 06 Sep 2019 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13320

Actions (login required)

View Item View Item