HIMMATUL ASNA, 12506174029 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MODEL, ANALYSIS, DESIGN, DEVELOP, IMPLEMENTATION, AND EVALUATION PADA KELAS VII. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (931kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (765kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Model ADDIE pada Kelas VII” ini di tulis oleh Himmatul Asna dengan promotor Dr. Abd. Aziz,M.Pd.I dan Dr.Agus Purwowidodo,M. Pd Kata Kunci : Pengembangan, Bahan Ajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Model ADDIE Penelitian dalam tesis ini di latar belakangi oleh SKI merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang ada dalam kurikulum PAI yang diberikan kepada siswa-siswa di MI, MTs, dan MA. Pembelajaran SKI menekankan pada kemampuan siswa untuk mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh berprestasi dan mengaitkan dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam masa kini dan masa yang akan datang Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Model ADDIE Kelas VII di MTs Plus Madinatul Mubtadi-ien Kediri dan MTs Darul Hikmah Tulungagung?(2) Bagaimana keefektifan,Keefesien,dan Daya Tahan Model Pengembangan Bahan Ajar Model ADDIE di MTs Plus Madinatul Mubtadi-ien Kediri dan MTs Darul Hikmah Tulungagung (3) Bagaimana Tingkat Kemenarikan Penggunaan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Model ADDIE di MTs Plus Madinatul Mubtadi-ien Kediri dan MTs Darul Hikmah Tulungagung. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengembangkan bahan ajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan dengan Model ADDIE kelas VII di MTs Plus Madinatul Mubtadi-ien Kediri dan MTs Darul Hikmah Tulungagung (2) Untuk mengetahui keefektifan,Keefesien dan daya tahan penggunaan bahahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam dengan Model ADDIE kelas VII di MTs Plus Madinatul Mubtadi-ien Kediri dan MTs Darul Hikmah Tulungagung (3) Untuk mengetahui tingkat kemenarikkkan penggunaan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam dengan model ADDIE pada kelas VII di MTs Plus Madinatul Mubtadi-ien Kediri dan MTs Darul Hikmah Tulungagung Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian R&D Reserach,and Developman pendekatan dengan jenis penelitian kualitatif kuantitaif dan jenis penelitian ini adalah menggunakan model ADDIE.pada kelas VII penelitian ini dibantu dengan menggunakan sistemangket dan wawancara Dari hasil penelitian ini keefesienan dan daya tahan siswa, maka penggunaan bahan ajar berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah dan MTs Plus MM dibuktikan dengan perolehan hasil rata-rata pre-test 65 dan post-test 81,9 dan dengan diterimanya hipotesis alternatif dengan perhitungan t-tabel lebih besar dari t-hitung yakni 10.92 > 2,060. Penggunaan bahan ajar secara interaktif dapat mempermudah pembelajaran karena didukung oleh berbagai aspek seperti gambar, desain, dan teks
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506174029 HIMMATUL ASNA |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 06:56 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 06:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13345 |
Actions (login required)
View Item |