PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MODEL, ANALYSIS, DESIGN, DEVELOP, IMPLEMENTATION, AND EVALUATION PADA KELAS VII

HIMMATUL ASNA, 12506174029 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MODEL, ANALYSIS, DESIGN, DEVELOP, IMPLEMENTATION, AND EVALUATION PADA KELAS VII. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Model ADDIE pada Kelas VII” ini di tulis oleh Himmatul Asna dengan promotor Dr. Abd. Aziz,M.Pd.I dan Dr.Agus Purwowidodo,M. Pd Kata Kunci : Pengembangan, Bahan Ajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Model ADDIE Penelitian dalam tesis ini di latar belakangi oleh SKI merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang ada dalam kurikulum PAI yang diberikan kepada siswa-siswa di MI, MTs, dan MA. Pembelajaran SKI menekankan pada kemampuan siswa untuk mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh berprestasi dan mengaitkan dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam masa kini dan masa yang akan datang Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Model ADDIE Kelas VII di MTs Plus Madinatul Mubtadi-ien Kediri dan MTs Darul Hikmah Tulungagung?(2) Bagaimana keefektifan,Keefesien,dan Daya Tahan Model Pengembangan Bahan Ajar Model ADDIE di MTs Plus Madinatul Mubtadi-ien Kediri dan MTs Darul Hikmah Tulungagung (3) Bagaimana Tingkat Kemenarikan Penggunaan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Model ADDIE di MTs Plus Madinatul Mubtadi-ien Kediri dan MTs Darul Hikmah Tulungagung. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengembangkan bahan ajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan dengan Model ADDIE kelas VII di MTs Plus Madinatul Mubtadi-ien Kediri dan MTs Darul Hikmah Tulungagung (2) Untuk mengetahui keefektifan,Keefesien dan daya tahan penggunaan bahahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam dengan Model ADDIE kelas VII di MTs Plus Madinatul Mubtadi-ien Kediri dan MTs Darul Hikmah Tulungagung (3) Untuk mengetahui tingkat kemenarikkkan penggunaan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam dengan model ADDIE pada kelas VII di MTs Plus Madinatul Mubtadi-ien Kediri dan MTs Darul Hikmah Tulungagung Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian R&D Reserach,and Developman pendekatan dengan jenis penelitian kualitatif kuantitaif dan jenis penelitian ini adalah menggunakan model ADDIE.pada kelas VII penelitian ini dibantu dengan menggunakan sistemangket dan wawancara Dari hasil penelitian ini keefesienan dan daya tahan siswa, maka penggunaan bahan ajar berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah dan MTs Plus MM dibuktikan dengan perolehan hasil rata-rata pre-test 65 dan post-test 81,9 dan dengan diterimanya hipotesis alternatif dengan perhitungan t-tabel lebih besar dari t-hitung yakni 10.92 > 2,060. Penggunaan bahan ajar secara interaktif dapat mempermudah pembelajaran karena didukung oleh berbagai aspek seperti gambar, desain, dan teks

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174029 HIMMATUL ASNA
Date Deposited: 06 Sep 2019 06:56
Last Modified: 06 Sep 2019 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13345

Actions (login required)

View Item View Item