SITI RIV'ATUL MASLAKHAH, 17401153414 (2019) PERANAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS ANGGOTA PENABUNG DAN ANGGOTA PEMBIAYAAN PADA BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG DAN BMT UGT SIDOGIRI CAPEM SUKOREJO BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (438kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (698kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peranan Customer Service dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota Penabung dan Anggota Pembiayaan pada BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT UGT Sidogiri Capem Sukorejo Blitar” ini ditulis oleh Siti Riv’atul Maslakhah, NIM 17401153414, pembimbing Bapak Syafrudin Arif Marah Manunggal, M.S.I. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pesatnya pertumbuhan koperasi syariah yang saling berkompetisi untuk mencari anggota dan membuat anggota menjadi loyal. Minat masyarakat dan tingkat loyalitas anggota salah satunya dipengaruhi pelayanan yang diberikan oleh customer service. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana peranan customer service dalam meningkatkan loyalitas anggota penabung dan anggota pembiayaan pada BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT UGT Sidogiri Capem Sukorejo Blitar. Fokus masalah dalam penelitian skripsi ini adalah, 1) Bagaimanakah peranan customer service dalam meningkatkan loyalitas anggota penabung dan anggota pembiayaan pada BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT UGT Sidogiri Capem Sukorejo Blitar. 2) Bagaimanakah loyalitas anggota penabung pada BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT UGT Sidogiri Capem Sukorejo Blitar. 3) Bagaimanakah loyalitas anggota pembiayaan pada BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT UGT Sidogiri Capem Sukorejo Blitar. 4) Bagaimanakah peranan customer service ditinjau dari manajemen syariah. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif. Data yang diambil merupakan data primer dengan informan karyawan dan anggota koperasi BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT UGT Sidogiri Capem Sukorejo Blitar, teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Dalam meningkatkan loyalitas anggota penabung dan anggota pembiayaan peranan customer service itu sangat penting yaitu melalui pelayan yang diberikan berupa menerapkan service excellent, memberikan pelayanan yang maksimal, dan menganggap bahwa anggota sebagai saudaranya sendiri. 2) Pelayanan yang diberikan oleh CS dapat membuat para anggotanya puas dan mengerti apa yang diinginkan oleh anggotanya. Sehingga loyalitas anggota penabung pada BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT UGT Sidogiri Capem Sukorejo Blitar sangat loyal dan dari tahun-ketahun jumlah anggota penabung bertambah. 3) Loyalitas anggota pembiayaan pada BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT UGT Sidogiri Capem Sukorejo Blitar dari tahun ketahun bertambah. Tetapi berdasarkan penelitian dari salah satu informan BMT UGT Sidogiri capem Sukorejo Blitar telah menunjukkan bahwa telah melakukan pembiayaan ulang, tetapi pada BMT Pahlawan Tulungagung bahwa informan tidak melakukan pembiayaan ulang. 4) Customer service pada BMT Pahlawan Tulungagung dan BMT UGT Sidogiri Capem Sukorejo Blitar mendasarkan nilai-nilai syariah dari segi memberikan pelayanan kepada para anggotanya berperilaku sopan, ramah, baik, dan sangat menghargai anggota. Kata kunci: Customer Service, Loyalitas Anggota Penabung dan Anggota Pembiayaan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 17401153414 SITI RIV'ATUL MASLAKHAH |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 07:40 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 07:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13366 |
Actions (login required)
View Item |