SANTI CAHYO DEWANTI, 17204153069 (2019) ANALISIS LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA MTS DARUL HIKMAH TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Literasi Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa MTs Darul Hikmah Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Santi Cahyo Dewanti, NIM 17204153069, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Matematika, Literasi Matematis, Kemampuan Matematika, PISA. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya tingkat literasi matematika siswa di Indonesia sebagaimana tercatat di dalam PISA 2015. Indonesia harus puas dengan peringkat yang didapat yaitu pada urutan ke 63 dari 70 negara yang menjadi partisipannya dengan rata-rata perolehan skor sebesar 386. Hal ini tentu saja manjadi cambuk bagi pelaku pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, peneliti tergerak untuk melakukan penelitian berkaitan dengan literasi matematis ditinjau dari kemampuan matematika siswa kelas VIII D MTs Darul Hikmah dengan harapan dapat mengetahui level literasi matematis mereka melalui peninjauan kemampuan matematika yang mereka miliki. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII D MTs Darul Hikmah Tawangsari. (2) Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa kelas VIII D MTs Darul Hikmah Tawangsari dalam menyelesaikan soal PISA yang diberikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Data penelitian yang diperoleh berupa data tes tertulis dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) siswa dengan kemampuan matematika tinggi berada pada level PISA yang cukup tinggi yaitu level 5. Akan tetapi, salah satu siswa dengan kemampuan tinggi belum mampu menyelesaikan level yang kedua. Siswa dengan kemampuan matematika sedang berada pada level literasi 1 dan level 4. Ada salah satu siswa dengan kemampuan sedang yang mampu menyelesaikan level 2. Sedangkan siswa dengan kemampuan rendah belum bisa didefinisikan levelnya pada PISA. (2) Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan lebih kepada sulitnya memahami soal PISA dimana soal tersebut memuat masalah-masalah dalam kehidupan nyata. Soal matematika pada PISA terkenal dengan soal yang memiliki bacaan panjang karena soal tersebut sengaja dibuat untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi siswa dimana pada saat ini masih banyak siswa yang belum terbiasa dengan soal-soal seperti itu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Santi 17204153069 SANTI CAHYO DEWANTI |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 03:28 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 03:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13380 |
Actions (login required)
View Item |