AKUN MALI AZHARI, 175615009 (2019) STRATEGI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU RELIGIUS PESERTA DIDIK (Studi Multikasus di SMAN 1 Ngunut dan SMAN 1 Rejotangan, Kabupaten Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (749kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Perilaku Religius Peserta Didik ( Studi Multikasus di SMAN 1 Ngunut dan SMAN 1 Rejotangan, Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Akun Mali Azhari dengan dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I dan Dr. Luk-luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Pengelolaan Pembelajaran, Pembentukan Perilaku Religius, Perilaku Religius Penelitian dalam tesis ini di ilhami dari pentingnya peranan pendidikan agama Islam dalam menyiapkan generasi yang cerdas dan berperilaku religius, mengingat dewasa ini masyarakat mulai pesimis akan keberhasilan sekolah membentuk perilaku peserta didiknya, hal ini dibuktikan semakin banyaknya berita mengenai kenakalan dan tindakan amoral yang dilakukan oleh para remaja. Berangkat dari hal tersebut maka sudah sepatutnya sebagai pendidik agama Islam untuk benar-benar memperhatikan pengelolaan pembelajaran yang dilakukannya, agar waktu yang tersedia mampu digunakan bukan hanya untuk mentransfer ilmu pengetahuan melainkan juga mampu membentuk perilaku religius peserta didiknya. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah : (1) Bagaimana strategi pembuatan catatan kemajuan belajar Pendidikan Agama Islam dalam membentuk perilaku religius peserta didik ?, (2) Bagaimana strategi memotivasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk perilaku religius peserta didik ?, dan (3) Bagaimana strategi mengontrol pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk perilaku religius peserta didik ?. Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan mengenai bagaimana pengelolaan pembelajaran yang dapat digunakan untuk membentuk perilaku religius peserta didik. Dalam konsep pengelolaan pembelajaran dilakukan dengan bertujuan agar peserta didik lebih memahami dan menghayati dengan apa yang mereka pelajari, sehingga harapan peserta didik untuk mampu mengaktualisasikan dalam kehidupannya akan semakin besar. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa : (1) Mengenai strategi pembuatan catatan kemajuan belajar Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan cara selalu memperhatikan keefektifan, keefisiensian dan juga daya tarik pembelajaran, (2) Strategi pengelolaan motivasional haruslah dilakukan pendidik agar dapat membangkitkan dan mempertahankan perhatian peserta didik, menciptakan keterkaitan isi dengan kebutuhan peserta didik, menumbuhkan keyakinan diri dan menumbuhkan rasa puas peserta didik terhadap pembelajaran yang diterimanya, dan (3) Sedangkan dalam strategi kontrol belajar dilakukan pendidik agama Islam dengan cara berupaya sungguh-sungguh untuk menyadarkan peserta didik mengenai pentingnya berperilaku religius, sehingga ketika peserta didik telah sadar maka akan mudah untuk mengaktualisasikan ilmunya dalam kehidupannya sehari-hari.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 175615009 AKUN MALI AZHARI |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 02:37 |
Last Modified: | 16 Sep 2019 02:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13405 |
Actions (login required)
View Item |