IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TRADISI NAHDLATUL ULAMA (NU) (Studi Multi Situs di MTs Manba’ul ‘Ulum Buntaran dan MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung)

YUSY IRONNA, 12506174069 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TRADISI NAHDLATUL ULAMA (NU) (Studi Multi Situs di MTs Manba’ul ‘Ulum Buntaran dan MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (855kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi NU Studi multisitus di MTs Manba’ul ‘Ulum Buntaran dan MTs Imam Al Ghozali Panjerejo” ini ditulis oleh Yusy Ironna dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd dan Dr. H. Abad Badruzaman, Lc., M.Ag. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Tradisi NU. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan karakter menjadi sesuatu yang penting untuk membentuk generasi yang berkualitas dikarenakan dalam hal ini pendidikan karakter merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membimbing seseorang menjadi orang yang baik, yang berdampak pada mampunya individu tersebut untuk memilah pengaruh yang baik maupun tidak baik. Seperti halnya di MTs Manba’ul ‘Ulum dan MTs Imam Al Ghozali yang sedikit banyak sudah menjawab dari tantangan-tantangan yang dihadapi oleh bangsa ini. Hal ini dibuktikan dengan di mana kedua lembaga ini sedikit banyak telah menjawab tantangan-tantangan yang ada pada era sekarang ini mengenai pendidikan karakter yang menjadi perhatian saat ini. Hal ini dibuktikan dengan peserta didik yang ada pada kedua lembaga ini memiliki karakter yang bagus. Menerapkan karakter-karakter yang positif melalui pembiasaan tradisi NU yang diterapkan pada kedua lembaga tersebut. Seperti yang diketahui bahwasanya implementasi pendidikan karakter dapat berhasil dikarenakan dilakukan secara terus menerus, dipahami, dihayati, dan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu di lembaga pendidikan MTs Manba’ul ‘Ulum selain ada pembiasaan pada tradisi NU nya namun juga diberikan pelajaran tersendiri yang menyangkut tentang intisari Ke-NU an itu sendiri. Sehingga tidak hanya teori yang diberikan pembelajaran maupun penjelasan namun juga praktek langsung dan menjadi pembiasaan secara terus menerus. Sedangkan pada MTs Imam Al Ghozali sendiri pembiasaan tentang tradisi NU nya dijalankan secara rutin yang menyebabkan peserta didik menjadi terbiasa sehingga membentuk karakter yang positif pada mereka, mengingat tradisi NU sangat lah banyak apabila diterapkan dalam dunia pendidikan dan menjadi pembiasaan maka termasuk dalam pendidikan karakter. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter berbasis tradisi NU melalui proses pembelajaran di MTs Manba’ul ‘Ulum dan MTs Imam Al Ghozali? (2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter berbasis tradisi NU melalui proses pembiasaan di MTs Manba’ul ‘Ulum dan MTs Imam Al Ghozali ? (3) Bagaimana implementasi pendidikan karakter berbasis tradisi NU melalui proses keteladanan di MTs Manba’ul ‘Ulum dan MTs Imam Al Ghozali?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan implementasi pendidikan karakter berbasis tradisi NU melalui proses pembelajaran di MTs Manba’ul ‘Ulum dan MTs Imam Al Ghozali (2) Untuk menjelaskan implementasi pendidikan karakter berbasis tradisi NU melalui proses pembiasaan di MTs Manba’ul ‘Ulum dan MTs Imam Al Ghozali (3) Untuk menjelaskan implementasi pendidikan karakter berbasis tradisi NU melalui proses keteladanan di MTs Manba’ul ‘Ulum dan MTs Imam Al Ghozali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan rancangan studi multi situs yang ada di MTs Manba’ul ‘Ulum Buntaran dan MTs Imam Al Ghozali. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kegiatan tradisi NU melalui proses pembelajaran diantaranya yaitu Pemberian mata pelajaran aswaja ke-NU an; kegiatan MABIT; Pelaksanaan kegiatan perbaikan akhlak; pemberian materi dari kitab-kitab klasik. (2) kegiatan tradisi NU melalui proses pembiasaan diantaranya yaitu sholat sunnah dan sholat wajib berjamaah; Melantunkan pujian serta membaca wiridan; yasin-tahlil; Kegiatan BMQ; Ziarah ke makam para pendiri madrasah; Kegiatan berceramah di depan teman. (3) kegiatan tradisi NU melalui proses keteladanan diantaranya yaitu keteladanan yang dicontohkan oleh bapak/ibu guru dengan ikut serta dalam setiap kegiatan tradisi NU; guru memberikan contoh dalam hal ketepatan waktu ketika datang ke madrasah; Pemberian reward atau punishment; Pemberian keteladanan dalam hal berpakaian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506174069 YUSY IRONNA
Date Deposited: 20 Sep 2019 07:10
Last Modified: 20 Sep 2019 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13437

Actions (login required)

View Item View Item