ABDUL ROHMAN, 12506174004 (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING (Studi Multisitus di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Boyolangu). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (985kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Perilaku Bullying (Studi Multisitus di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Boyolangu)” ini ditulis oleh Abdul Rohman dengan dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Agama Islam, Perilaku Bullying. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang akhir-akhir ini menyita perhatian dunia pendidikan. Fenomena tersebut adalah kekerasan di sekolah, baik yang dilakukan oleh guru maupun siswa. Kita sering melihat aksi anak-anak mengejek, mengolokolok, atau mendorong teman. Namun, tidak menyadari konsekuensi yang terjadi jika anak mengalami bullying. Oleh sebab itu, berbagai pihak harus bisa memahami apa dan bagaimana bullying itu, sehingga dapat secara komprehensif melakukan pencegahan dari akibat yang tidak diinginkan. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana usaha guru PAI menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Boyolangu? (2) Bagaimana proses penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Boyolangu? (3) Bagaimana hasil penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Boyolangu? Tujuan penulisan tesis ini: (1) Mendeskripsikan usaha guru PAI menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Boyolangu. (2) Mendeskripsikan proses penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Boyolangu. (3) Mendeskripsikan hasil penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Boyolangu. Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi multi situs yang digali dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan metode lintas situs. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan, bahwa: (1) Usaha guru PAI menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Boyolangu adalah dengan melakukan inovasi dalam pembelajaran, menemukan dan mengatasi kendala dalam penanaman nilai PAI, melakukan kerjasama dengan pihak lain. (2) Proses penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku bullying di SMPN 1 Tulungagung dan SMPN 1 Boyolangu yaitu dengan memberikan pembiasaan, memberikan keteladanan, memberikan kedisiplinan, memberi nasehat, dan melakukan komunikasi secara terbuka (3) Hasil penanaman nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam mencegah perilaku bullying adalah menjadi mengurangi tindakan bullying, tertanam nilai aqidah seperti kejujuran, nilai ibadah seperti berperilaku sopan santun dan meningkatkan ibadah sholat, nilai akhlak seperti senang membantu orang lain, menghargai temannya, dan kompak bekerjasama.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506174004 ABDUL ROHMAN |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 06:59 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 06:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13474 |
Actions (login required)
View Item |