STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SMKN 1 TULUNGAGUNG

AHMAD ZAKI ANGGORO RAMADHANI, 17201153290 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI SMKN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an pada Peserta Didik di SMKN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Ahmad Zaki Anggoro Ramadhani, NIM.17201153290. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang di bimbing oleh Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag NIP. 19730507 200003 2 001 Kata Kunci : Strategi Guru, Kesulitan Membaca Al-Qur’an Fenomena pendidikan Islam pada zaman modern diantaranya kemajuan teknologi yang semakin canggih sehingga mudahnya seseorang memperoleh informasi positif maupun negatif, secara tidak langsung hal itu dapat mempengaruhi pertumbuhan peserta didik dalam belajar, khususnya dalam membaca Al-Qur’an. Secara umum, terdapat banyak peserta didik di SMK yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an, karena banyak guru yang kurang menguasai strategi dan cara membaca Al – Qur’an dengan baik. Di SMKN 1 Tulungagung, guru PAI memiliki kompetensi dan strategi pembelajaran yang bagus sehingga peserta didik SMKN 1 Tulungagung dapat membaca Al – Qur’an dengan baik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru PAI dalam merencanakan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMKN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMKN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru PAI dalam mengevaluasi pembelajaran untuk mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di SMKN 1 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya, menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data dengan keterpercayaan, uji keteralihan data, ketergantungan dan kepastian. Tahap penelitiannya meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi guru PAI dalam perencanaan pembelajaran di awal tahun yaitu: menyusun perangkat pembelajaran, mengidentifikasi kemampuan siswa dengan tes di awal tahun pelajaran, membuat peta kemampuan siswa, menyiapkan materi yang relevan, merencanakan pembelajaran privat membaca Al – Qur’an di luar jam pembelajaran. 2) strategi guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu yang pertama kegiatan pendahuluan: membentuk karakter siswa yang dekat dengan Al-Qur’an dengan membaca surat An-Nas sampai Al-Ashr, melakukan apersepsi pembelajaran. Yang kedua kegiatan penyajian: menggunakan materi dari LKS maupun buku penunjang PAI, pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui tutor teman sebaya, mengadakan kegiatan privat membaca Al-Qur’an. Yang ketiga kegiatan penutup: melakukan refleksi pelajaran. 3) strategi guru PAI dalam evaluasi pembelajaran yaitu mengadakan tes membaca Al-Qur’an dengan kriteria penilaian: adab membaca Al-Qur’an, ketepatan makhraj, kesesuaian bacaan dengan tajwid. Penilaian psikomotorik yang dilakukan guru pada siswa berupa penilaian dari segi keindahan bacaan siswa seperti membaca dengan Tartil.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153290 AHMAD ZAKI ANGGORO RAMADHANI
Date Deposited: 18 Oct 2019 02:53
Last Modified: 18 Oct 2019 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13516

Actions (login required)

View Item View Item