AZIZ LUKI AHYAR, 1761154006 (2019) MANAJEMEN KINERJA GURU BERBASIS SASARAN KERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Multisitus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Trenggalek). [ Thesis ]
|
Text
Cover.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
Bab 6.pdf Download (94kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (107kB) |
Abstract
Penelitian dalam disertasi ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang bertolak belakang terhadap tujuan manajemen kinerja guru sebagai proses kinerja berkesinambungan untuk menyamakan tujuan individu guru dan lembaga pendidikan. Sasaran kerja pegawai sebagai bagian dari prestasi kerja diterapkan kepada seluruh pegawai termasuk guru. Penilaian kinerja guru yang sudah ada bergeser ke penilaian kinerja guru berbasis sasaran kerja pegawai sebagai bentuk penerapan regulasi peraturan pemerintah tentang kepegawaian. Rangkaian kinerja guru dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi berorientasi memenuhi standar minimal kerja agar mendapatkan kelayakan penghasilan, tunjangan, dan kenaikan jabatan atau pangkat semata. Hal ini menyebabkan kinerja guru terpusat pada hal-hal yang bersifat kelengkapan administratif dan menyampingkan proses kinerja yang membuahkan output dan outcame sesuai tujuan lembaga pendidikan. Pertanyaan penelitian disertasi ini sebagai berikut: 1) Bagaimana siklus manajemen kinerja guru berbasis sasaran kerja pegawai di MI Negeri 1 dan MI Negeri 2 Trenggalek?, 2) Bagaimana langkah-langkah perbaikan kinerja guru berbasis sasaran kerja pegawai di MI Negeri 1 dan MI Negeri 2 Trenggalek?, 3) Bagaimana implikasi kinerja guru berbasis sasaran kerja pegawai dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Negeri 1 dan MI Negeri 2 Trenggalek? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologis menggunakan rancangan multisitus. Lokasi penelitian adalah MI Negeri 1 dan MI Negeri 2 Trenggalek yang ditentukan secara purposive. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis situs tunggal dan analisis lintas situs dengan teknik analisis data; reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: 1) siklus manajemen kinerja melalui tahapan perencanaan dengan fase pendefinisian, pembahasan peran, tanggung jawab, dan ekpektasi terukur, lalu tahapan pembinaan dengan fase pengamatan, pemantauan, dukungan, umpan balik, dan penghargaan, kemudian tahapan evaluasi, tahapan prasiklus dengan persiapan penilaian dan membentuk tim penilaian kinerja guru, 2) langkah-langkah perbaikan kinerja guru dilakukan dengan cara pendidikan berkelanjutan, pelatihan, Teacher Work Grop Of School, dan Lesson Study, 3) Implikasi peningkatan profesionalisme guru ditentukan peningkatan kemampuan profesional kognitif, performance, afektif, produk, dan eksplaratoris yang dilandasi self awarness guru dalam aktivitas kinerja. ABSTRACT Research this Dissertation againts the backdrop of a phenomena that contrasts against to the goal of teacher performance management as a continuous performance process to equalize the individual goals of teachers and educational institutions. Employee job goals as part of work performance are applied to all employees including teachers. Teacher performance with existing teacher performance appraisals shifts to teacher-based employee performance appraisal as a form of regulatory enforcement of personnel regulations. Teacher performance series of planning, implementation, and evaluation-oriented stages meet the minimum standards of employment in order to earn the eligibility of income, benefits, and promotion or promotion. This results in a teacher's performance centered on administrative completeness and ruling out performance processes that result in output and outcame for the purpose of the educational institution. The Question of problems at dissertation are 1) How does teacher performance management cycles based based perfromance by objective in MIN 1 and MIN 2 Trenggalek?, 2) How does improve teacher performance based perfromance by objective in MIN 1 and MIN 2 Trenggalek, 3 ) How is implication of teacher performance based based perfromance by objective in MIN 1 and MIN 2 Trenggalek ?. This research is qualitative research with phenomological approach using multysytus design. The location of the research are MIN 1 Trenggalek and MIN 2 Trenggalek which is purposively determined. Techniques of data collection using interviews, interviews and documentation. Data analysis includes single site analysis and cross site analysis with data analysis techniques; data reduction, data presentation, and conclusions. Results of this study conclude that: 1) teacher performance management cycles through planning stages with defining phases, discussion of roles, responsibilities, and measurable expectations, stages of coaching with observation phase, monitoring, support, feedback and rewards, evaluation stages, cycles with the preparation of assessment and forming a team of teacher performance appraisals, 2) improvement teacher performance based perfromance by objective done by continuing education, training, Teacher Work Grop Of School, and Lesson Study, 3) implication of teacher performance in specify improvement of professional ability cognitive, performance, affective, product, and eksplaratoris based on Self awarness of teachers performance activities. Kata Kunci : Manajemen Kinerja Guru, Sasaran Kerja Pegawai, Profesionalisme Guru
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 08:51 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 08:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13527 |
Actions (login required)
View Item |