PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEPRIBADIAN SISWA MUSLIM DI SMP NEGERI 1 NGUNUT TAHUN AJARAN 2016/2017

DIAN PUJI LESTARI, 3211113057 (2019) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEPRIBADIAN SISWA MUSLIM DI SMP NEGERI 1 NGUNUT TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (391kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa Muslim di SMP Negeri 1 Ngunut Tahun Ajaran 2016/2017” ditulis oleh DIAN PUJI LESTARI, NIM. 3211113057 Pembimbing Dr. Agus Zainul Fitri, M.Pd Kata kunci: Peran Guru PAI, Kepribadian Muslim Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya degradasi moral dikalangan remaja yang semakin hari semakin terpuruk. Untuk itu guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mempunyai peranan penting dalam mencetak anak didik sebagai generasi penerus bangsa yang berprestasi dan berimtaq, karena hakikatnya menuntut ilmu itu wajib dan pendidikan itu berlaku sepanjang hayat baik laki-laki maupun perempuan. SMP Negeri 1 Ngunut melakukan upaya-upaya yang dapat menunjang terbentuknya kepribadian siswa muslim dengan berbagai kegiatan keislaman. Antara lain kegiatan jamaah sholat Dhuha, Dhuhur, dan Jum’at, Istighosah, Pondok Romadhon, Peringatan hari besar keagamaan dan pembiasaan membaca sholawat irfan setiap akan memulai kegiatan pembelajaran. Dalam pembentukan kepribadian siswa muslim yang baik diperlukan proses, usaha dan kerja keras dari banyak pihak serta tercukupnya sarana dan prasarana. Akan tetapi pada kenyataanya masih ada siswa atau siswi yang belum dapat mencerminkan kepribadian muslim dengan baik dalam penerapannya. Untuk itu, peneliti mencoba mengetahui pembentukan kepribadian siswa muslim di SMP Negeri 1 Ngunut dengan berbagai kegiatan keagamaan yang sudah dilaksanakan di SMPN 1 Ngunut. Fokus dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana peran guru PAI sebagai pendidik bagi siswa di SMP Negeri 1 Ngunut? 2). Bagaimana peran guru PAI sebagai teladan bagi siswa di SMP Negeri 1 Ngunut? 3). Bagaimana peran guru PAI sebagai motivator bagi siswa di SMP Negeri 1 Ngunut? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui peran guru PAI sebagai pendidik bagi siswa di SMP Negeri 1 Ngunut. 2). Untuk mengetahui peran guru PAI sebagai teladan bagi siswa di SMP Negeri 1 Ngunut. 3). Untuk mengetahui peran guru PAI sebagai motivator bagi siswa di SMP Negeri 1 Ngunut. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumberdata termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi dan sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari analisis sebelum di lapangan, ketika di lapangan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, keajegan pengamatan, triangulasi dan pembahasan teman sejawat. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah (1) Peran guru PAI sebagai pendidik bagi siswa, mengajar dengan santun dan sabar tetapi tetap tegas dengan siswa yang melakukan pelanggaran yang tujuannya agar siswa jera dan memiliki tanggung jawab. SMP Negeri 1 Ngunut menerapkan kedisiplinan tinggi dan mencetak peserta didiknya menjadi bibit-bibit unggul dan berkepribadian muslim. (2) Peran guru PAI sebagai teladan siswa di SMP Negeri 1 Ngunut ditunjukkan dengan pembiasaan-pembiasaan melalui jamaah sholat Dhuha, Dzuhur, dan Jum’at, Istighosah, Pondok Romadhon. Sekolah juga sudah menerapkan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun), Pembacaan Sholawat Irfan saat memulai pembelajaran, kegiatan peringatan hari besar keagamaan dan kegiatan lain yang tentunya menunjang potensi anak didik untuk lebih berkepribadian Muslim. (3) Peran guru PAI sebagai motivator bagi siswa di SMPN 1 Ngunut ditunjukkan dengan pemberian motivasi untuk terus rajin belajar, beribadah dan menuntut ilmu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211113057 DIAN PUJI LESTARI
Date Deposited: 23 Oct 2019 02:49
Last Modified: 23 Oct 2019 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13534

Actions (login required)

View Item View Item