RISMA DIKA SETYAWATI, 12505174042 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MAFTAHUL ULUM KARANGSONO 01 BLITAR. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (581kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada potensi kebutuhan media pembelajaran di sekolah dasar dalam menunjang proses pembelajaran. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran scrapbook pada materi pengukuran sudut untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran scrapbook dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV MI Maftahul Ulum Karangsono 01 Blitar?; (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran Scrapbook dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV MI Maftahul Ulum Karangsono 01 Blitar?; (3) Apakah hasil belajar matematika peserta didik kelas IV MI Maftahul Ulum Karangsono 01 Blitar yang menggunakan media pembelajaran scrapbook lebih baik daripada yang tradisional? Model penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari Borg & Gall (1985) dengan proses yang bersifat deskriptif. Langkah-langkahnya yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi produk, revisi hasil validasi produk, uji coba lapangan skala kecil, revisi hasil uji coba lapangan skala kecil, uji coba lapangan skala besar, penyempurnaan produk akhir, diseminasi. Hasil penelitian dan pengembangan ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran ini menghasilkan media visual berbentuk buku yang berukuran 19 cmx14,5 cm dengan tebal 4 cm. (2) Media pembelajaran scrapbook layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika, yang diketahui dari uji kelayakan oleh ahli media dan materi. (3) Penggunaan media pembelajaran scrapbook lebih baik daripada pembelajaran tradisional, yang diketahui dari perolehan hasil belajar melalui perhitungan independent sample t-test dengan nilai thitung 2,331 > ttabel (2,02439)
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 12505174042 RISMA DIKA SETYAWATI |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 06:48 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 06:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13549 |
Actions (login required)
View Item |