MUHAMMAD FUAD ZAENUL FALAH, 1725143191 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MI MIFTAHUL ULUM PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (397kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (245kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (275kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (303kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (254kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas III MI Miftahul Ulum Pakel Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Fuad Zaenul Falah NIM 1725143191 dibimbing oleh Abdul Aziz Faradi M.Hum. Kata Kunci: Model Pembelajaran Make a Match, Minat Belajar dan Hasil Belajar. Pada kenyataannya di sekolah masih banyak guru yang menggunakan cara yang konvensional, yang dalam kegiatan belajar mengajar banyak didominasi metode ceramah. Namun tidak bisa dipungkiri, terkadang model pembelajaran cara lama seperti itu masih lebih efektif untuk beberapa siswa, lama kelamaan pasti siswa yang lain akan merasa jenuh karena hanya menjadi pendengar, akhirnya tidak fokus, malas, mengantuk dan pada akhirnya hasil belajar mereka akan menurun. Selanjutnya guru harus bisa menemukan suatu model pembelajaran yang cocok untuk kelas yang akan diajarnya. Salah satu model pembelajaran yang cocok yaitu Model pembelajaran Make a Match, melalui model pembelajaran ini, siswa akan memiliki rasa percaya diri dan rasa ingin tahu, selain itu juga siswa akan memiliki rasa aktif dan percaya diri saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap minat belajar siswa kelas III MI Miftahul Ulum Pakel Tulungagung. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar siswa kelas III MI Miftahul Ulum Pakel Tulungagung. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa kelas III MI Miftahul Ulum Pakel Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Metode pengambilan data melalui tes, angket, dokumentasi dan observasi. Metode Angket digunakan untuk mencari seberapa besar minat belajar siswa. Metode tes digunakan untuk mencari nilai hasil belajar di MI Miftahul Ulum Pakel Tulungagung. Sedangkan metode dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali data tentang keadaan siswa sebelum penelitian, populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Pada penelitian ini analisis data menggunakan uji beda t-test dan uji manova. Hasil penelitian adalah: (1) Berdasarkan hasil perhitungan analisis data tes diperoleh t_hitung= 3,204 ≥ t_tabel= 1,697 dengan demikian H_1diterimaa, yang berarti ada pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap minat belajar siswa kelas III MI Miftahul Ulum Pakel Tulungagung. (2) Berdasarkan hasil perhitungan analisis data tes diperoleh t_hitung= 2,207 ≥ t_tabel= 1,697 dengan demikian H_1diterimaa, yang berarti ada pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar siswa kelas III MI Miftahul Ulum Pakel Tulungagung. (3) Berdasarkan Berdasarkan hasil perhitungan analisis data tes diperoleh f_hitung= 9,482 ≥ t_tabel= 3,12 dan sig. 0,000 < 0,05. dengan demikian H_1diterimaa, yang berarti ada pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas III MI Miftahul Ulum Pakel Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143191 MUHAMMAD FUAD ZAENUL FALAH |
Date Deposited: | 07 Nov 2019 02:57 |
Last Modified: | 07 Nov 2019 02:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13551 |
Actions (login required)
View Item |