FAUZIAH ISMA NURLAILI, 17201153415 (2019) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAQ DALAM MEMBINA KARAKTER ISLAMI SISWA KELAS VIII MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (665kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (656kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi Guru Aqidah Akhlaq dalam Membina Karakter Islami Siswa Kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung” di tulis oleh Fauziah Isma Nurlaili, NIM 17201153415, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dibimbing oleh Dr. H. Zaini, S.Ag. M.Pd.I. NIP.1970040820070011029. Kata Kunci : Strategi, Guru Aqidah Akhlaq, Karakter Islami. Latar belakang penelitian : masa-masa kelas VIII MTs adalah fase anak-anak menuju dewasa dan merupakan masa yang sangat labil, belum mampu mengenali jati diri dan belum mempunyai pondasi nilai-nilai karakter islami. Untuk itu guru aqidah akhlaq harus mempunyai strategi-strategi dalam mengajar dan mendidik siswa Tingkat Madratsah Tsanawiyah agar karakter Islami dapat diterapkan dengan baik. Fokus masalah penelitian : (1) Bagaimana Pelaksanaan Strategi Guru Aqidah Akhlaq dalam Membina Karakter Islami Siswa Kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana Hambatan Strategi Guru Aqidah Akhlaq dalam Membina Karakter Islami Siswa Kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung? (3) Bagaimana Dampak Penerapan Strategi Guru Aqidah Akhlaq dalam Membina Karakter Islami Siswa Kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung?. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan pengecekan keabsahan data diantaranya ketekunan pengamatan, triangulasi metode dan triangulasi sumber, serta perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian : (1) Pelaksanaan strategi guru aqidah akhlaq dalam membina karakter islami siswa kelas VIII MTs Al Huda Bandung Tulungagung dilakukan dengan memberikan metode teladan yang baik (uswah hasanah), pembelajaran di dalam dan diluar kelas, metode nasehat, latihan dan pembiasaan, 2) Hambatan dari penerapan strategi guru aqidah akhlaq dalam membina karakter islami siswa adalah karena adanya latar belakang siswa yang beraneka ragam, lingkungan masyarakat dan pergaulan yang tidak semuanya Islami, dan waktu yang tidak selalu kondusif dalam membina karakter Islami siswa. (3) Dampak dari penerapan strategi guru aqidah akhlaq dalam membina karakter Islami siswa adalah berdampak baik, siswa lebih rajin dan disiplin dalam belajar dan beribadah, sopan dan berinteraksi dengan baik kepada sesama teman, guru, dan orang tua, memiliki kedisiplinan yang tinggi, jujur dan bertanggung jawab, serta bekerja keras dan mandiri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153415 FAUZIAH ISMA NURLAILI |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 04:28 |
Last Modified: | 14 Oct 2019 04:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13563 |
Actions (login required)
View Item |