SITI NURHAFSAH, 17201153388 (2019) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN IBADAH SALAT SISWA DI SMP AL IKHSAN POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (197kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (40kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (246kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (254kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (42kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Salat Siswa di SMP AL Ikhsan Pogalan Trenggalek”, ini ditulis olehSiti Nurhafsah, NIM 17201153388, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Syamsun Niam, M. Ag. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Kedisiplinan Ibadah Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesadaran/kedisiplinana ibadah salat para remaja khususnya siswa, ditandai dengan masjid-masjid di lingkungan masyarakat banyak diisi oleh orang dewasa maupun usia lanjut jarang ditemui remaja yang aktif salat berjamaah di masjid. Guru PAI di sini yang mengampu pelajaran Agama Islam sebagai pewaris para nabi dan sebagai orang tua kedua siswa, memiliki kewajiban untuk meningkatkan kedisiplinan ibadah salat siswa yang masih kurang. Agar siswa memiliki kesadaran melaksanakan salat dan memebentuk disiplin pelaksanaan salat yang baik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah salat siswa di SMP Al Ikhsan Pogalan Trenggalek (2) Dampak positif dan negatif dari peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah salat siswa di SMP Al Ikhsan Pogalan Trenggalek (3) Hambatan peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah salat siswa di SMP Al Ikhsan Pogalan Trenggalek. Agar fokus tersebut dapat terlaksan dengan baik baik maka ada strategi yang diterapkan, dampak positif yang dirasakan serta hambatan peran Guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah salat siswa. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di SMP Al Ikhsan Pogalan Trenggalek penulis menyimpulkan bahwa: (1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah salat siswa di SMP Al Ikhsan Pogalan Trenggalek dengan menggunanakan metode keteladanan, pembiasaan dan hukuman (2) Dampak positif dari peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah salat siswa di SMP Al Ikhsan Pogalan Trenggalek yaitu siswa terbiasa disiplin melaksanakan salat di sekolah dan menjadi pribadi yang berakhlaqul karimah dan dampak negatif dari peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah salat yaitu siswa merasa tidak adil dengan pemberian hukuman karena tidak tertib salat di sekolah (3) hambatan peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah solat siswa di SMP Al Ikhsan Pogalan Trenggalek adalah dari faktor internal siswa yaitu rasa malas melaksanakan salat yang timbul dalam diri siswa. Faktor eksternal siswa yaitu ada siswa yang memprovokasi siswa lain dan faktor guru yaitu saat guru sibuk, siswa tidak ada yang mengontrol dalam ketika salat berjamaah serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153388 SITI NURHAFSAH |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 04:08 |
Last Modified: | 14 Oct 2019 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13564 |
Actions (login required)
View Item |