PENGARUH METODE KARYA WISATA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 09 BLITAR

MIFTAKHUL ROKHIM, 17205153189 (2019) PENGARUH METODE KARYA WISATA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 09 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (605kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (377kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh metode karya wisata terhadap motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VI MIN 9 Blitar” ditulis oleh Miftakhul Rokhim, NIM 17205153189, dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata kunci : Karya wisata, motivasi, hasil belajar, IPA Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena hasil belajar siswa yang rendah dipengaruhi dari siswa kurang antusias dalam mengikuti mata pelajaran IPA karena guru masih menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaranya, dimana guru lebih aktif menjelaskan dan siswa hanya mendengarkan, mencatat dan menghafal. Hal tersebut memungkinkan timbul dampak negatif seperti rendahnya motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh metode karya wisata terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI MIN 9 apabila diterapkanya metode karya wisata dalam proses pembelajaran sehari-hari. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode karya wisata terhadap motivasi siswa kelas VI materi perkembangbiakan hewan secara generatif MIN 9 Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh metode karya wisata terhadap hasil belajar siswa kelas VI materi perkembangbiakan hewan secara generatif MIN 9 Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode karya wisata terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI materi perkembangbiakan hewan secara generatif MIN 9 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen semu, populasinya adalah kelas VI MIN 9 Blitar yang berjumlah 83, teknik samplingnya adalah cluster sampling, sampelnya siswa kelas VI A dan VI B, metode pengumpulan data dengan tes, angket dan dokumentasi, analisis data menggunakan uji MANOVA bantuan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) ada pengaruh yang sangat signifikan metode pembelajaran karya wisata terhadap motivasi belajar IPA. Berdasarkan uji manova dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. (2) ada pengaruh yang sangat signifikan metode pembelajaran karya wisata terhadap hasil belajar IPA. Berdasarkan uji manova dengan tingkat signifikansi 0,002 < 0,05. (3) ada pengaruh yang sangat signifikan metode pembelajaran karya wisata terhadap motivasi dan hasil belajar IPA. Berdasarkan uji manova untuk harga F hitung 73,128 dengan tingkat signifikasni 0,000 < 0,05. Berdasrkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI MIN 9 Blitar pada tahun ajaran 2018-2019

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 172005153189 MIFTAKHUL ROKHIM
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:21
Last Modified: 15 Oct 2019 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13567

Actions (login required)

View Item View Item