MIFTACH ROHMATU ALFINA, 12506174044 (2019) PEMBELAJARAN KEAGAMAAN DENGAN KITAB KUNING SEBAGAI PELESTARIAN BUDAYA PESANTREN DI ERA MILENIAL. [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (315kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (277kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (69kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (63kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pembelajaran Keagamaan dengan Kitab Kuning dalam Pelestaian Budaya Pesantren di Era Milenial (Studi Multisitus di MAN 3 Nganjuk dan MA Darussalam Nganjuk” ini di tulis oleh Miftach Rohmatu Alfina, NIM. 12506174044, Pembimbing I Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. H. Abad Badruzaman, Lc., M.A. Kata kunci: Pembelajaran kitab kuning, sebagai budaya pesantren. Konteks penelitian ini ialah adanya sebuah fenomena dimana dunia sudah masuk pada era digital, yang di sebut-sebut dengan era milenial, yang menjadi pengaruh terbesar bagi keberlangsungan hidup peserta didik, dimana semua informasi bisa diakses dengan mudah termasuk materi pelajaran, namun sekolah berupaya agar para milenial tidak menyimpang akhlaknya, maka diberiknnya pembelajaran keagamaan dengan kitab kuning untuk melestarikan budaya pesantren di era milenial. Penelitian ini difokuskan pada pertanyaan: (1) Bagaimana Tahap-tahap pembelajaran keagamaan dengan kitab kuning dalam pelestarian budaya pesantren era milenial di MAN 3 Nganjuk dan MA Darussalam Nganjuk?. (2) Bagaimana strategi pembelajaran keagamaan dengan kitab kuning dalam pelestarian budaya pesantren era milenial di MAN 3 Nganjuk dan MA Darussalam Nganjuk?. (3) Bagaimana hasil pembelajaran keagamaan dengan kitab kuning dalam pelestarian budaya pesantren era milenial di MAN 3 Nganjuk dan MA Darussalam Nganjuk?. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, dan jenis penelitiannya multisitus, dengan teknik pengumpulan data yaitu: Wawancara mendalam, Observasi partisipan dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif yang meliputi: Reduksi data, Penyajian data dan Verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Tahap-tahap pembelajaran keagamaan dengan kitab kuning. a)Pembukaan pembelajaran dengan lalaran nadhom dalam kitab kuning. b) Pembelajaran mengacu pada RPP yang didalamnya terdapat strategi dan metode pembelajaran. c) Penutupan pembelajaran dengan refleksi, dialog interaktif dan pemberian pekerjaan rumah (PR). (2) Strategi Pembelajaran keagamaan dengan kitab kuning dalam pelestarian budaya pesantren diera milenial. a) Pengklasifikasian kitab kuning sesuai dengan jenjang kelasnya. b) Kualifikasi guru yang memang ahli dalam bidang pembelajran kitab kuning. c) Metode pembelajaran sorogan, wetonan dan bandongan. d) Pengadaan ulangan harian atau uji kompetensi disetiap akhir bab. Begitu pula dengan remidialnya. e) Pengfokusan pada penanaman akhlak peserta didik dan juga mempertahankan budaya pesantren di era milenial (3) Hasil xvii Pembelajaran keagamaan dengan kitab kuning dalam pelestarian budaya pesantren di era milenial. a) Berpengaruhnya terhadap budi pekerti dan sopan santun peserta didik terhadap sesame. b) keberhasilan lembaga dalam membelajari tata cara beribadah yang sesuai dengan syariat. c) Lestarinya kurikulum dan budaya pesantren di era milenial.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M.Pd 12506174044 MIFTACH ROHMATU ALFINA |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 06:28 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 06:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13617 |
Actions (login required)
View Item |