STRATEGI GURU PAI DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA PADA SISWA (Studi Multi Situs di SMPN 1 Durenan dan SMPN 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek)

AULIA HAJARWATI MUFIDA, 17506164015 (2019) STRATEGI GURU PAI DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA PADA SISWA (Studi Multi Situs di SMPN 1 Durenan dan SMPN 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Internalisasi Nilai-Nilai Agama Pada Siswa (Studi Multisitus di SMPN 1 Durenan dan SMPN 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek)” ini ditulis oleh Aulia Hajarwati Mufida, NIM: 17506164015 dengan dibimbing oleh Dr. Ngainun Naim, M. HI. dan Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi guru PAI, intenalisasi nilai agama, akidah, syariat dan akhlak. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi adanya masuknya peradaban dan kebudayaan barat ke Indonesia, lambat laun memungkinkan kebudayaan yang ada di Indonesia akan tergeser oleh kebudayaan barat yang saat ini sangat pesat berkembang di Indonesia. Begitu juga dengan nilai-nilai agama Islam yang banyak di anut oleh bangsa Indonesia. Iman serta dasar yang tidak kuat, pemahaman, penghayatan terhadap agama yang kurang akan menyeret seseorang kelembah kenistaan, apalagi para generasi muda yang dengan mudah terombangambing dengan peradaban yang selalu berubah sehingga siswa di sekolah memerlukan pembinaan secara utuh terutama pembinaan rohani. Dalam hal ini, maka perlu ditanamkan sebuah nilai-nilai agama khususnya agama Islam pada siswa di sekolah agar siswa dapat memiliki jiwa yang kuat serta dapat menjalankan apa yang telah disyari’atkan oleh agama. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: 1. Strategi guru PAI dalam internalisasi nilai akidah di SMP Negeri 1 Durenan dan SMP Negeri 1 Pogalan 2. Strategi guru PAI dalam internalisasi nilai syariat di SMP Negeri 1 Durenan dan SMP Negeri 1 Pogalan 3. Strategi guru PAI dalam internalisasi nilai akhlak di SMP Negeri 1 Durenan dan SMP Negeri 1 Pogalan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi guru PAI guru dalam internalisasi nilai akidah, syariat dan akhlak di SMP Negeri 1 Durenan dan SMP Negeri 1 Pogalan Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multi situs, lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Durenan dan SMP Negeri 1 Pogalan, sumber data penelitian terdiri dari informan, peristiwa, lokasi, dan dokumen, teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan, interview mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu analisis situs tunggal dan analisis lintassitus. Analisis data tunggal dimaksudkan untuk menjabarkan temuan–temuan dari kedua sekolah. Sedangakan, analisis lintas situs dimaksudkan sebagai proses membandingkan temuan-temuan yang diperoleh dari masing-masing situs sekaligus sebagai proses memadukan temuan antar situs. Hasil penelitian tesis ini yaitu strategi yang digunakan guru PAI dalam internalisasi nilai akidah pada siswa di SMPN 1 Durenan lebih menekankan pada aspek keimanan terhadap Allah SWT. Strategi ini diinternalisasikan dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh siswa serta menggunakan cerita nabi dan sahabat. Sedangkan strategi yang digunakan guru PAI dalam internalisasi nilai akidah pada siswa di SMPN 1 Pogalan adalah dengan mengajarkan kalimat-kalimat tauhid kepada siswa, membiasakan melaksanakan sholat berjamaah, sholat dhuha di waktu senggang, tadris Al-Quran dan berpakaian baik sopan saat berada di sekolah maupun di luar sekolah. Strategi guru PAI guru dalam internalisasi nilai syariat pada siswa di SMPN 1 Durenan yaitu dengan mengajarkan kepada mereka dengan semaksimal mungkin, seperti berjamaah di sekolah dan kegiatan pembiasaan yang berhubungan dengan ibadah yaitu pembacaan surat Yasin, Juz’amma dan istighosah. Sedangkan strategi yang digunakan guru PAI dalam internalisasi nilai syariat pada siswa di SMPN 1 Pogalan adalah dengan mengajarkan tuntunan ibadah dan doa-doa kepada siswa melalui pembelajaran di kelas maupun pembiasaan ibadah siswa sesuai dengan jadwal. Strategi guru PAI guru dalam internalisasi nilai akhlak pada siswa di SMPN 1 Durenan dengan memberikan penjelasan mengenai akhlak mahmudah kepada siswa yaitu dengan mempraktekkan keseharian siswa di sekolahan, dengan memberikan contoh yang baik serta cara berpakaian yang sopan. Sedangkan strategi yang digunakan guru PAI dalam internalisasi nilai akhlak pada siswa di SMPN 1 Pogalan adalah dengan pembelajaran akhlak melalui kajian ta’lim muata’alim, membangun lingkungan yang Islami dengan mengadakan aktivitas yang berbau Islami seperti hadroh dan tadarus Al-Quran serta membiasakan siswa berpakaian yang sopan dan panjang.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17506164015 AULIA HAJARWATI MUFIDA
Date Deposited: 29 Oct 2019 01:15
Last Modified: 26 Mar 2020 02:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13646

Actions (login required)

View Item View Item