HALIMATUS SA'DIYAH, 17506164030 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ Al-QUR’AN JUZ 30 (Studi Multisitus di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Azhaar Tulungagung dan Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Badar Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER - Copy.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK- Copy.pdf Download (648kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI - Copy.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
Halimatus Sa’diyah, 17506164030, “Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Juz 30 (Studi Multisitus di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung dan SMP Islam Al-Badar Tulungagung)”, Tesis 2018, Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag dan Dr. Abad Badruzzaman, Lc, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Juz 30 Penelitian dalam tesis ini di latar belakangi oleh pesatnya kemajuan zaman dan terjadi banyak kegiatan-kegiatan remaja yang mengandung hal negatif, dengan demikian sekolah berperan memberikan kegiatan yang mendukung siswa ke dalam hal positif dan bermanfaat untuk membentuk generasi berjiwa Qur’ani serta menggali kompetensi keagamaan siswa. Dengan adanya implementasi tahfidz Al-Qur’an juz 30 di harapkan siswa di usia remaja dapat memiliki pengalaman religius dan mengembangkan kompetensi ingatan hafalan di usia remaja dan juga sebagai pemberian kegiatan yang positif. Dari sinilah peneliti mencoba mengulas dan meneliti secara dalam kegiatan tahfidz yang mulai di implementasikan di jenjang SMP dan meneliti dari perencanaan hingga evaluasi. Berdasarkan latar belakang diatas, fokus penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran implementasi tahfidz Al-Qur’an juz 30 di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung dan SMP Islam Al-Badar Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan implementasi tahfidz Al-Qur’an juz 30 di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung dan SMP Islam Al-Badar Tulungagung? (3) Bagaimana hasil pembelajaran tahfidz Al-Qur’an juz 30 di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung dan SMP Islam Al-Badar Tulungagung?(4) Bagaimana evaluasi implementasi tahfidz Al-Qur’an juz 30 di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung dan SMP Islam Al-Badar Tulungagung?. Adapun tujuan penelitiannya adalah (1) Mengetahui perencanaan implementasi tahfidz Al-Qur’an juz 30 di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung dan SMP Islam Al-Badar Tulungagung. (2) Mengetahui pelaksanaan implementasi tahfidz Al-Qur’an juz 30 di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung dan SMP Islam Al-Badar Tulungagung. (3) Mengetahui hasil pembelajaran tahfidz Al-Qur’an juz 30 di SMP Islam Al-Azhaar dan SMP Islam Al-Badar Tulungagung (4) Mengetahui evaluasi implementasi tahfidz Al-Qur’an juz 30 di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung dan SMP Islam Al-Badar Tulungagung. Dalam penelitian ini digunakan metode pendekatan kualitatif, wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode kualitatif metode ini menyajikan secara langsung hakekat hubungan antara peneliti dan responden; dan ketiga, metode ini lebih peka dan lebih dapat menyesuaikan diri dengan banyak penajaman pengaruh bersama dan terhadap pola-pola nilai yang dihadapi.Sedangkan metode dokumentasi dan wawancara digunakan untuk menggali data dan memperkuat suatu penelitian. Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data, penelitian ini menghasilkan tiga temuan Pertama, Perencanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an juz 30 di SMP Islam Al-Azhaar dan SMP Islam Al-Badar adalah di maksudkan untuk bersama-sama mewujudkan visi misi dari sekolah yaitu menanamkan dan mewujudkan generasi qur’ani yang fasih dalam bacaan Al-Qur’annya dan dapat menghafal minimal juz 30, perencanaan ini bertujuan untuk meneruskan pembelajaran Al-Qur’an yang sebelumnya telah ada dan untuk mengoptimalkan belajar Al-Qur’an siswa maka dengan itulah pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di implementasikan. Selain tujuan yang harus di perhatikan adalah merencanakan targed hafalan siswa, targed hafalan harus di rencanakan sebelum mengimplementasikan pembelajaran. Karena kegiatan pembelajaran tahfidz ini hanya ber acuan pada juz 30 maka semua surah dari juz 30 menjadi targed minimal dengan setiap harinya 5 ayat setiap stor, lalu adanya guru atau ustadz untuk membimbing pembelajaran tahfidz Al-Qur’an siswa, kemudian di adakannya seleksi siswa, penyeleksian siswa di lakukan melalui tes baca Al-Qur’an, jika membaca Al-Qur’an masih memerlukan bimbingan maka belum dapat mengikuti pembelajaran tahfidz dan akan di bimbing membaca Al-Qur’an sampai benar-benar fasih menggunakan tajwid yang benar. Kedua,Pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an juz 30 di SMP Islam Al-Azhaar dan Al-Badar adalah kegiatan pembelajaran menghafal Al-Qur’an juz 30 yang di lakukan setiap hari di kedua sekolah yakni di SMP Islam Al-Azhaar dan SMP Islam Al-Badar setiap pagi dengan alokasi waktu 1 jam sebelum di mulai jam pembelajaran di dalam kelas, dengan materi menghafal juz 30 dan surah tambahan yakni Yasiin, Al-Mulk, Ayat Kursy, Al-Waqiah, Ar Rahman, kemudian hafalan di laksanakan dengan metode muroja’ah. Kegiatan muroja’ah di lakukan setiap hari yaitu muroja’ah dengan sendiri maupun dengan temannya, dan di stor dengan ustadz/ustadzah nya minimal 5 ayat setiap hari.Selain metode muroja’ah juga menerapkan metode nasihat, metode pujian untuk meningkatkan semangat hafalan siswa setiap hari.sedangkan di SMP Islam Al-Badar di tambahkan sanksi/hukuman bagi siswa yang tidak stor hafalan untuk menambah efek jera dan motivasi siswa. Ketiga, Hasil pembelajaran tahfidz Al-Qur’an juz 30 di SMP Islam Al-Azhaar dan SMP Islam Al-Badar adalah kegiatan pembelajaran tahfidz qur’an sehari-hari dengan tujuan menanamkan keislaman dan membentuk pribadi qur’ani dan sampai saat ini sudah berhasil menghadirkan output siswa yang baik dan berusaha selalu mengembangkan diri. Keempat,Evaluasi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an juz 30 di SMP Islam Al-Azhaar dan SMP Islam Al-Badar adalah kegiatan pembelajaran untuk mengetahui dan menilai sejauh mana hafalan siswa setiap harinya. Evaluasi setiap hari lakukan dengan stor hafalan siswa dengan ustadz/ustadzah nya dan kemudian di tulis di buku kontrol hafalan. Sedangkan di SMP Islam Al-Badar menambahkan metode sambung ayat di akhir evaluasi untuk melihat seberapa fasih dan lancar dan kemudian di akhir semester akan di ketahui melalui raport tahfidz.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | halimatus 17506164030 sa'diyah |
Date Deposited: | 08 Nov 2019 03:32 |
Last Modified: | 08 Nov 2019 03:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13654 |
Actions (login required)
View Item |