PENGEMBANGAN MEDIA COKLAK DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SD/ MI DI SDIT EMPAT MEI KEDIRI

AHMAD SIHABUDDIN MUBAROK, 12505174004 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA COKLAK DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SD/ MI DI SDIT EMPAT MEI KEDIRI. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Media Coklak Dalam Mata Pelajaran Matematika Untuk Peserta Didik Kelas III SD/ MI Di SDIT Empat Mei Kediri” ini ditulis oleh Ahmad Sihabuddin Mubarok, NIM. 12505174004 dengan pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag.dan Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M. M. Kata Kunci: Pengembangan, Media, Coklak. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh beberapa peserta didik kesulitan memahami isi materi pelajaran dikarenakan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang menarik minat belajar. Dalam pelajaran matematika untuk pendidikan dasar, peserta didik masih kesulitan untuk memahami materi matematika yang bersifat abstrak karena pada usia pendidikan dasar pola berpikir peserta didik masih pola berfikir yang kongkrit. Maka dari itu, diperlukan adanya media yang menyenangkan. Penggunaan media Coklak pada mata pelajaran matematika diharapkan dapat membantu peserta didik meningkatkan hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana proses pengembangan media Coklak dalam pembelajaran Matematika kelas III SD/ MI Di SDIT Empat Mei Kediri?; (2) Bagaimana kelayakan media Coklak dalam pembelajaran Matematika kelas III SD/ MI Di SDIT Empat Mei Kediri?; (3) Bagaimana pengaruh penggunaan media Coklak terhadap hasil belajar Matematika kelas III SD/ MI Di SDIT Empat Mei Kediri? Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian dan pengembangan ini dapat bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai penggunaan dan pengembangan media pembelajaran Coklak. Hal ini dilakukan dalam rangka membantu meningkatkan efektifitas kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian dan pengembangan ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pengembangan media Coklak dikembangkan dengan mengacu pada model pengembangan Bord and Gall. Berawal dari melakukan penelitian dan pengumpulan data di lapangan. kemudian menentukan mata pelajaran dan materi yang akan digunakan. Serta menentukan kompetensi dasar dan indikator yang akan digunakan sebagai bahan inti dalam membuat media dan buku petunjuk media. Selanjutnya peneliti membuat papan media coklak dari kayu berbentuk persegi panjang dengan empat belas lubang dan ditambahkan stiker agar lebih menarik. peneliti juga membuat buku petunjuk Media agar peserta didik dapat menggunakan media dengan baik dan benar. (2) Media pembelajaran Coklak layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika, yang diketahui dari uji kelayakan oleh ahli media sebesar 91,2 % dan 86,7 % serta ahli materi sebesar 90 % dan 83,3 %. (3) Penggunaan Media pembelajaran Coklak pada mata pelajaran matematika memiliki pengaruh terhadap hasil belajar, yang diketahui dari perolehan hasil belajar melalui perhitungan independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Buku
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 12505174004 ahmad sihabuddin mubarok
Date Deposited: 01 Nov 2019 02:45
Last Modified: 01 Nov 2019 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13675

Actions (login required)

View Item View Item