PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEKS FABEL DI KELAS VII A MTS DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT

RETNO EKA SARI, 17210153009 (2019) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN TEKS FABEL DI KELAS VII A MTS DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Pembelajaran Teks Fabel di Kelas VII A MTs Darussalam Ngentrong Campurdarat” ini ditulis oleh Retno Eka Sari, NIM. 17210153019, dosen pembimbing Dr. Erna Iftanti,S.S., M.Pd. Kata kunci: pembelajaran teks fabel, pendekatan saintifik Kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi merupakan sebuah penyempurnaan dari kurikulum KTSP. Sebagai sebuah kurikulum berbasis kompetensi, kurikulum ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Untuk mencapai ketiga kompetensi tersebut, dibutuhkan pembelajaran yang dapat mengarahkan siswa dari pendekatan tekstual menuju proses penguatan pendekatan ilmiah/saintifik. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pendekatan saintifik sudah diterapkan di sekolah MTs Darussalam sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik di kelas VII A MTs Darussalam yang meliputi kegiatan belajar mengajar mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam pembelajaran teks fabel di kelas VII A MTs Darussalam Ngentrong Campurdarat, guru sudah menggunakan pendekatan saintifik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran teks fabel di kelas VII A MTs Darussalam Ngentrong Campurdarat? (2) Kendala penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran teks fabel di kelas VII A MTs Darussalam Ngentrong Campurdarat?. Rancangan penelitian ini berjenis deskriptif-kualitatif dengan kehadiran peneliti sebagai instrumen utama. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Lokasi penelitian di MTs Darussalam Ngentrong Campurdarat. Sumber data dengan guru bahasa Indonesia kelas VII A. Teknik analisis data melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Pengecekan keabsahan data dengan menerapkan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tidak memahami pendekatan saintifik, guru tidak menerapkan pendekatan saintifik di dalam kelas, pelaksanaan pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah. Akibatnya, guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran. Guru belum melaksanakan kegiatan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan dalam pembelajaran belum terlihat. Kegiatan mencoba dan mengomunikasikan belum terlaksana. Kegiatan merefleksi dan mengulang pembelajaran tidak dilakukan secara maksimal disebabkan oleh keterbatasan waktu. Kendala dalam penerapan tidak hanya berasal dari siswa. Kendala juga berasal dari guru yang belum menguasai tentang penerapan pendekatan saintifik dalam hal ini kompetensi guru masih kurang dalam bidang bahasa Indonesia. Kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran dapat disebabkan oleh media yang terbatas dan sumber belajar yang belum memadai dan bergantung dari kemampuan guru dalam menyampaikan tujuan dari pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210153009 RETNO EKA SARI
Date Deposited: 12 Nov 2019 07:48
Last Modified: 12 Nov 2019 07:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13708

Actions (login required)

View Item View Item