PENERAPAN MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN) DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) ISTIQOMAH TULUNGAGUNG DAN BAITUL TAMWIL MUHAMMADIYAH (BTM) SURYA MADINAH TULUNGAGUNG

IMELDA GLADIS DWI SETIANI, 17401153299 (2019) PENERAPAN MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN) DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) ISTIQOMAH TULUNGAGUNG DAN BAITUL TAMWIL MUHAMMADIYAH (BTM) SURYA MADINAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Marketing Mix (Bauran Pemasaran) dalam Mempengaruhi Keputusan Menjadi Anggota Pembiayaan Murabahah di Baitul Maal Wat Tamwil Istiqomah Tulungagung dan Baitul Tamwil Muhammadiyah Surya Madinah Tulungagung” ini ditulis oleh Imelda Gladis Dwi Setiani, NIM. 17401153299, pembimbing Muhamad Aqim Adlan, M.E.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hadirnya lembaga keuangan mikro dengan memudahkan masyarakat yang tinggal didaerah pelosok untuk menghimpun dan menyalurkan dana dalam bentuk pembiayaan karena jangkauannya dekat dengan tempat tinggal mereka. Kenyataanya banyak masyarakat yang sulit untuk memenuhi kebutuhannya karena keterbatasan dana. Fokus penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui prosedur pengajuan pembiayaan murabahah di BMT Istiqomah dan BTM Surya Madinah, 2) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan anggota dalam memilih pembiayaan murabahah di BMT Istiqomah dan BTM Surya Madinah, 3) untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh BMT Istiqomah dan BTM Surya Madinah dalam menjalankan marketing mix, 4) untuk mengetahui solusi dalam mengatasi kendala saat menjalankan marketing mix di BMT Istiqomah dan BTM Surya Madinah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer maupun data sekunder yang diperoleh peneliti melalui wawacara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1) prosedur pengajuan pembiayaan murabahah di BMT Istiqomah menggunakan akad wakalah dalam pembiayaan murabahah, sedangkan di BTM Surya Madinah menyediakan barang dalam pembiayaan murabahah, 2) faktor yang mempengaruhi keputusan menjadi anggota pembiayaan murabahah di BMT Istiqomah adalah faktor sub-budaya dan faktor pekerjaan dan lingkungan ekonomi, sedangkan di BTM Surya Madinah adalah faktor sub-budaya dan faktor motivasi, 3) kendala yang dihadapi oleh BMT Istiqomah dalam menjalankan marketing mix adalah a) kendala internal, keterbatasan SDM dan tidak ada tenaga yang menangani pemasaran, b) kendala eksternal, masyarakat banyak yang belum mengetahui produk dari lembaga dan tidak ada kerjasama dengan supplier atau badan usaha lain untuk menyediakan produk, sedangkan di BTM Surya Madinah adalah a) kendala internal, keterbatasan modal dan kurangnya pemahaman karyawan tentang produk lembaga, b) kendala eksternal, perekonomian masyarakat yang tidak stabil dan persaingan antar lembaga, 4) solusi untuk menghadapi kendala di BMT Istiqomah adalah a) solusi internal, merekrut SDM kembali dan melakukan pelatihan pemasaran terhadap karyawan serta mengadakan evaluasi target pasar, b) solusi eksternal, mengenalkan produk dengan menerapkan marketing mix dan melakukan kerjasama dengan badan usaha penyedia barang, sedangkan di BTM Surya Madinah adalah a) solusi internal, menambah permodalan dengan menawarkan produk arisan dan memberikan pelatihan terhadap karyawan, b) solusi eksternal, mengadakan pembianaan terhadap anggota dan meningkatkan promosi. Kata Kunci: Keputusan Anggota, Pembiayaan Murabahah, Marketing Mix.

Item Type: Skripsi
Subjects: Filosofi
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401153299 Imelda Gladis Dwi Setiani
Date Deposited: 06 Nov 2019 03:50
Last Modified: 06 Nov 2019 03:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13709

Actions (login required)

View Item View Item