MOH FAIZAL ROMADHONI FIRDAUS, 17205153062 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AHKLAK PESERTA DIDIK KELAS V MI MIFTAHUL FALAH SUKOREJO KARANGREJO TULUNGAGUNG 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (854kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (134kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (246kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Akidah Ahklak Peserta Didik Kelas V MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Moh Faizal Romadhoni Firdaus, NIM 17205153062, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak H. Abdullloh Chakim,S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Metode Role Playing, Hasil Belajar Kognitif, Hasil Belajar Afektif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tertariknya siswa dalam belajar Akidah Ahklak materi realistik, rendahnya keaktifan siswa dan hasil belajar kurang. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti menguji pengaruh sebuah model pembelajaran Role Playing dalam proses pembelajaran. Peneliti ini dilaksanakan di MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung pada kelas V. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Adakah pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas V mata pelajaran Akidah Ahklak di MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulugagung? 2) Adakah pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar afektif mata pelajaran Akidah Ahklak peserta didik kelas V di MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulungagung ? 3) Adakah pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif mata pelajaran Akidah Ahklak peserta didik kelas V di MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulugagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran Akidah Ahklak peserta didik kelas V MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulugagung. 2) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar afektif mata pelejaran Akidah Ahklak peserta didik kelas V MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulugagung. 3) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar kognitif dan hasil belajar afektif Akidah Ahklak peserta didik kelas V MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulugagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi experiment (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar afektif sedangkan tes untuk memperoleh data tentang hasil belajar kognitif siswa di MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulugagung dan kelas V menjadi sampelnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar belajar afektif mata pelajaran Akidah Ahklak siswa kelas V di MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulugagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk hasil belajar afektif Akidah Ahklak diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,021. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar afektif mata pelajaran Akidah Ahklak. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran Role Playing dengan hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Akidah Ahklak di MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulugagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji T untuk hasil belajar kognitif Akidah Ahklak diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,019. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Role Playing dengan hasil belajar kognitif mata pelajaran Akidah Ahklak. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran Role Playing dengan hasil belajar afektif dan hasil belajar kognitif siswa di MI Miftahul Falah Sukorejo Karangrejo Tulugagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk hasil belajar afektif dan hasil belajar kognitif mata pelajaran Akidah Ahklak diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,011. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Role Playing dengan hasil belajar afektif dan hasil belajar kognitif mata pelajaran Akidah Ahklak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153062 MOH FAIZAL ROMADHONI FIRDAUS |
Date Deposited: | 07 Nov 2019 04:35 |
Last Modified: | 07 Nov 2019 04:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13720 |
Actions (login required)
View Item |