M. ROFIQ, MUSTAWA (2010) Upaya Guru Al-Quran Hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
BAB 1.doc Download (63kB) |
|
Text
BAB 2.doc Download (126kB) |
|
Text
BAB 3.doc Download (51kB) |
|
Text
BAB 4.doc Download (142kB) |
|
Text
BAB 5.docx Download (22kB) |
|
Text
daftar pustaka.docx Download (20kB) |
|
Text
SAMPUL.doc Download (306kB) |
Abstract
Kata kunci:Minat belajar, Membaca Al-Quran Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam pada masa kini yang dihadapkan pada tantangan zaman.Dalam menghadapi tantangan tersebut seorang guru khususnya guru Al-Quran hadits berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mendorong siswanya untuk tidak meninggalkan ajaran Islam seperti membaca Al-Quran. Yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah; (1)bagaimana Upaya guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung. (2) Faktor pendukung guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung?. (3) Faktor penghambat guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah(1) Untuk mengetahui upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Qur’an di MTsN Ngantru Tulungagung.(2) Untuk mengetahui faktor pendukung guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Qur’an di MTsN Ngantru Tulungagung. (3) untuk mengetahui faktor penghambat guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung Adapun metode penelitian dalam skripsi ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada 3 yaitu: orang, meliputi kepala madrasah dan guru al-Qur’an hadits, tempat, paper/dokumen yaitu berupa catatan-catatan atau arsip. Prosedur pengumpulan data meliputi: metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, verivikasi atau penarikan kesimpulan. Setelah penulis mengadakan penelitian dangan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) adapun upaya guru Al-Quran hadits dalam menmbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru meliputi melalui pembiasaan, Pemberian Point/Nilai, serta adanya bimbingan. (2) Ada beberapa faktor pendukung guru Al-Quran hadits Dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru yaitu; Adanya minat dari anak didik, fasilitas yang memadai, pelajaran tilawatil Qur’an (3) faktor penghambatnya, Kurang adanya kesadaran anak didik akan pentingnya belajar membaca Al-Qur’an, Lingkungan dan keadaan ekonomi keluarga yang rendah sehingga anak didik tidak mendapat perhatian dan kontrol dari orang tua untuk belajar membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 25 Mar 2015 02:48 |
Last Modified: | 25 Mar 2015 02:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1373 |
Actions (login required)
View Item |