Upaya Guru Al-Quran Hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung

M. ROFIQ, MUSTAWA (2010) Upaya Guru Al-Quran Hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB 1.doc

Download (63kB)
[img] Text
BAB 2.doc

Download (126kB)
[img] Text
BAB 3.doc

Download (51kB)
[img] Text
BAB 4.doc

Download (142kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (22kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (20kB)
[img] Text
SAMPUL.doc

Download (306kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci:Minat belajar, Membaca Al-Quran Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam pada masa kini yang dihadapkan pada tantangan zaman.Dalam menghadapi tantangan tersebut seorang guru khususnya guru Al-Quran hadits berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mendorong siswanya untuk tidak meninggalkan ajaran Islam seperti membaca Al-Quran. Yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah; (1)bagaimana Upaya guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung. (2) Faktor pendukung guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung?. (3) Faktor penghambat guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah(1) Untuk mengetahui upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Qur’an di MTsN Ngantru Tulungagung.(2) Untuk mengetahui faktor pendukung guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Qur’an di MTsN Ngantru Tulungagung. (3) untuk mengetahui faktor penghambat guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung Adapun metode penelitian dalam skripsi ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada 3 yaitu: orang, meliputi kepala madrasah dan guru al-Qur’an hadits, tempat, paper/dokumen yaitu berupa catatan-catatan atau arsip. Prosedur pengumpulan data meliputi: metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, verivikasi atau penarikan kesimpulan. Setelah penulis mengadakan penelitian dangan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) adapun upaya guru Al-Quran hadits dalam menmbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru meliputi melalui pembiasaan, Pemberian Point/Nilai, serta adanya bimbingan. (2) Ada beberapa faktor pendukung guru Al-Quran hadits Dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru yaitu; Adanya minat dari anak didik, fasilitas yang memadai, pelajaran tilawatil Qur’an (3) faktor penghambatnya, Kurang adanya kesadaran anak didik akan pentingnya belajar membaca Al-Qur’an, Lingkungan dan keadaan ekonomi keluarga yang rendah sehingga anak didik tidak mendapat perhatian dan kontrol dari orang tua untuk belajar membaca Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 25 Mar 2015 02:48
Last Modified: 25 Mar 2015 02:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1373

Actions (login required)

View Item View Item