STRATEGI PENINGKATAN PEMAHAMAN AL-QURAN DI MAN 3 BLITAR

M. ANSHAR MUSTAQIM, 17201153467 (2019) STRATEGI PENINGKATAN PEMAHAMAN AL-QURAN DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (436kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (806kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (561kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Strategi Peningkatan Pemahaman Al-Quran Di MAN 3 Blitar”. Ditulis oleh M. Anshar Mustaqim NIM: 17201153467, dibimbing oleh Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata kunci: Strategi, Pemahaman Al-Qur’an dan MAN 3 Blitar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya al-Qur’an sebagai dasar pedoman umat manusia, yang tidak semua orang tidak dapat memahami isi didalam al-Qur’an. Dari sini lah peneliti menemukan suatu keunikan dalam strategi peningkatan pemahaman al-Qur’an di MAN 3 Blitar. Dengan metode pembelajaran tersebut peserta didik menjadi siswa mempelajari al-Qur’an lebih mendalam. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana strategi peningkatan pemahaman al-Quran di MAN 3 Blitar? 2). Bagaimana faktor pendukung dan penghambat stratergi peningkatan pemahaman al-Quran di MAN 3 Blitar? 3). Bagaimana solusi yang di tempuh dalam menangani hambatan stratergi peningkatan pemahaman al-Quran di MAN 3 Blitar? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan pemahaman al-Quran di MAN 3 Blitar? 2). Untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat stratergi peningkatan pemahaman al-Quran di MAN 3 Blitar? 3). Untuk mengetahui bagaimana solusi yang di tempuh dalam menangani hambatan stratergi peningkatan pemahaman al-Quran di MAN 3 Blitar? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), sumber datanya diperoleh melalui tiga unsur yaitu person, place, paper. Metode pengumpulan datanya meggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan pepanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1 ) Strategi dalam peningkatan pemahaman al-Quran di MAN 3 Blitar adalah menggunakan metode hafalan dan ceramah. Siswa dituntut untuk menghafalkan materi yang diberikan. Kemudian metode ceramah digunakan sebagai penjelas dari keilmuan dalam ayat-ayat alQur’an dimana disampaikan oleh guru pembimbing yang sudah mempunyai kompetensi. 2) Faktor pendukung strategi tersebut yakni siswa mampu mengolah materi yang diajarkan dikarenakan juga mengikuti pendidikan pesantren. Lalu juga tak lupa karena faktor sarana prasarana yang lengkap. Sedangkan faktor penghambatnya yakni masih adanya beberapa kegiatan yang terbentur dengan kegiatan lainnya, jumlah setoran dari siswa perminggunya tidak memenuhi target hafalan, dan ada kegiatan pesantren yang menjadi tanggung jawab mereka juga. 3) Solusi menangani hambatan tersebut adalah dengan mengembangkan metode pembelajaran, sehingga dalam pembelajaran menjadi efektif berupa metode ceramah yang menyenangkan, pembentukan kelompok kecil sebagai penyelesaian masalah kecil yang terjadi didalam pemahaman materi, jam tambahan, serta kesadaran dari siswa apabila tanggung jawab mereka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153467 M. ANSHAR MUSTAQIM
Date Deposited: 14 Nov 2019 07:43
Last Modified: 14 Nov 2019 07:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13799

Actions (login required)

View Item View Item