PENGARUH PERSEPSI, KELAS SOSIAL, KELOMPOK REFERENSI, DAN SIKAP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA APLIKASI SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Tulungagung)

ERA MUNADHIROH, 17402153090 (2019) PENGARUH PERSEPSI, KELAS SOSIAL, KELOMPOK REFERENSI, DAN SIKAP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA APLIKASI SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (707kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Persepsi, Kelas Sosial, Kelompok Referensi, dan Sikap terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Mahasiswa FEBI (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam) IAIN TULUNGAGUNG) ini ditulis oleh Era Munadhiroh, NIM 17402153090, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Penelitian ini dilatar belakangi adanya perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih seperti halnya teknologi dunia maya yang dapat dimanfaatkan salah satunya sebagai system perdagangan melalui media internet atau e-commerce. Hal ini dibuktikan para konsumen yang menyambut sangat baik karena dirasa lebih efektif dan efisien. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) apakah terdapat pengaruh persepsi terhadap keputusan pembelian produk pada aplikasi Shopee ?, (2) apakah terdapat pengaruh kelas sosial terhadap keputusan pembelian produk pada aplikasi Shopee ?, (3) apakah terdapat pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian produk pada aplikasi Shopee ? (4) apakah terdapat pengaruh sikap terhadap keputusan pembelian produk pada aplikasi Shopee ? (5) apakah persepsi, kelas sosial, kelompok referensi, dan sikap secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk pada aplikasi Shopee ? (6) mana yang lebih dominan anatara persepsi, kelas sosial, kelompok referensi dan sikap terhadap keputusan pembelian produk pada aplikasi Shopee ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 87 responden yang diambil dengan menggunakan teknik Purrposive Sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Adapun uji yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinieritas uji heterokedastisitas dan uji normalitas, uji hipotesis yang meliputi uji t dan uji f, serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada aplikasi Shopee, (2) Kelas Sosial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk pada aplikasi Shopee, (3) Kelompok referensi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk pada aplikasi Shopee, (4) Sikap berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk pada aplikasi Shopee, (5) Persepsi, kelas sosial, kelompok referensi, dan sikap secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada aplikasi Shopee, (6) yang lebih dominan dari keempat variable tersebut adalah variable sikap karena nilai Thitung > Ttabel dimana pengguna Shopee suka ataupun senang setelah berbelanja akan terlihat dari sikap mereka. Kata Kunci: Persepsi, Kelas Sosial, Kelompok Referensi, Sikap, Keputusan Pembelian, Shopee.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153090 ERA MUNADHIROH
Date Deposited: 19 Nov 2019 03:23
Last Modified: 19 Nov 2019 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13855

Actions (login required)

View Item View Item