ARIF MAHENDRA EKO CAHYONO, 1721143061 (2019) PERAN MENTORING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 3 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (671kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Mentoring dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Blitar” ditulis oleh Arif Mahendra Eko Cahyono di bimbing oleh Dr.H.Abd. Aziz M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Mentoring, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh, sekolah dengan latar belakang keagamaan yang terbatas sehingga diperlukan salah satu jalan yang efektif dalam pembentukan akhlak, moral dan pendidikan tambahan yang mampu meningkatkan hasil belajar PAI. Salah satunya dengan pendidikan keagamaan di SMK Negeri 3 Blitar yang mempunyai misi membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Melalui kegiatan mentoring yang sering dilakukan oleh siswa, sehingga dengan kegiatan mentoring tersebut pembina atau mentor kegiatan diharapkan mampu melaksanakan dari tujuan peran mentoring untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa di sekolah. Dalam hal ini peneliti mengangkat sebuah judul Peran Mentoring dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Blitar. Fokus penelitian yang ada pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana kegiatan ceramah agama dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 3 Blitar?; 2. Bagaimana kegiatan diskusi seputar agama dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 3 Blitar?; 3. Bagaimana kegiatan sholawatan dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 3 Blitar?. Adapun yang menjadikan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran mentoring dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 3 Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang proses kegiatan peran mentoring dalam meningkatkan hasil belajar. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sarana prasarana, dokumen siswa SMK Negeri 3 Blitar. 13 Hasil penelitian bahwa peran mentoring dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 3 Blitar. 1) peran kegiatan ceramah agama yaitu: a. Melatih siswa untuk berbicara di depan umum; b. Menerapkan ketauladanan melalui perilaku akhlakul karimah; c. Mampu meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. 2) peran kegiatan diskusi seputar agama yaitu: a. Menanamkan sikap untuk menghargai orang lain; b. Menumbuhkan kesadaran pada diri siswa berbicara yang sopan kepada orang lain; c. Meningkatkan hasil belajar siswa dan menambah wawasan ilmu. 3) perankegiatan shalawat yaitu: a. Memberikan ketauladanan dalam setiap kegiatan yang bernuansa islami; b. Menerapkan pembiasaan berperilaku seperti isi dan makna dari shalawat; c. Meningkatkan hasil belajar melalui mentoring shalawat yang penilaianya mengacu pada penilaian notes atau sikap.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143061 ARIF MAHENDRA EKO CAHYONO |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 03:02 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 03:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13917 |
Actions (login required)
View Item |