KESULITAN SISWA AUTISTIK DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA BERBENTUK CERITA MENGGUNAKAN METODE LOVAAS DI SDI AL-AZHAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

DIAN MEININGTIAS, 2814123061 (2019) KESULITAN SISWA AUTISTIK DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA BERBENTUK CERITA MENGGUNAKAN METODE LOVAAS DI SDI AL-AZHAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (386kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kesulitan Siswa Autistik dalam Mengerjakan Soal Matematika Berbentuk Cerita Menggunakan Metode Lovaas di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Dian Meiningtias, NIM. 2814123061, Pembimbing Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Inklusif, Soal Cerita, Kesulitan Siswa, Autistik, Metode Lovvas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah proses pendidikan yang memungkinkan semua anak berkesempatan untuk berpartisipasi secara penuh dalam kegiatan kelas reguler, tanpa memandang kelainan, ras, atau karakteristik lainnya dengan layanan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pendidikan inklusif adalah sebuah terobosan yang memberikan bentuk pelayanan pendidikan bagi anak berkelainan dengan anak normal, termasuk dalam hal ini anak autistik. Sehingga pendidikan inklusif menekankan pada sikap anti-diskriminasi, memperjuangkan hak dan kesempatan anak untuk memperoleh pendidikan yang layak. Selain itu pendidikan inklusif juga bentuk dari pengentasan wajib belajar dengan akses pendidikan bagi semua sebagai upaya mengubah sikap masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus. Penerapan pendidikan inklusif diharapkan sekolah dapat mengembangkan bakat siswa-siswi yang memiliki kekurangan bahkan kelebihan baik pada siswa normal maupun siswa disabilitas. Hal tersebut sejalan dengan bagaimana upaya sekolah dalam mengatasi kesulitan siswa dalam menerima dan mengerjakan soal yang disajikan dalam pembelajaran. Kesulitan bagi anak autistik ini salah satunya merujuk pada kesulitan menalar persoalan yang dihadirkan dalam pembelajaran. Sehingga siswa autistik mengalami kesulitan dalam pembelajaran yang lebih komplek kaitannya dengan soal cerita yang terdapat dalam pelajaran tematik karena melibatkan proses penalaran dan pemahaman makna tersirat. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kesulitan siswa autistik dalam mengerjakan soal matematika berbentuk cerita? (2) Bagaimana pandangan psikologi mengenai kesulitan-kesulitan siswa autistik? (3) Bagaimana Metode Lovaas diterapkan dalam mengatasi kesulitan siswa autistik dalam mengerjakan soal matematika berbentuk cerita? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah menjelaskan mengenai kesulitan yang dihadapi oleh siswa autistik dalam mengerjakan soal matematika berbentuk cerita dan penerapan metode Lovvas yang diterapkan dalam mengatasi kesulitan siswa autistik di SDI Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung. Dalam penelitian ini digunakan observasi, instrumen penelitian menggunakan tes tulis, wawancara dan pendokumentasian. Observasi digunakan untuk memperoleh data secara menyeluruha dari SDI Al-Azhaar mengenai kesulitan siswa autistik yang melibatkan berbagai kejadian dan kegiatan pembelajaran. Sedangkan tes tulis digunakan untuk meneliti kesulitan siswa autistik dalam mengerjakan soal matematika berbentuk cerita. kecenderungan sehingga dalam menangkap materi pembelajaran serta mengerjakan soal mengalami kesulitan. Adapun wawancara dipakai untuk mengkorelasikan data dengan temuan di lapangan berdasarkan sumber atau subjek penelitian. Penelitian disajikan dalam data dokumentasi guna menunjang kevalidan hasil temuan di lapangan. Hasil penelitian yang disajikan dengan dua subjek penelitian yang merupakan siswa autistik dari kelas reguler dengan seorang GPK yang membantu proses penyerapan materi pembelajaran. Kondisi ini membutuhkan perhatian khusus mengingat kondisi setiap anak berbeda dari segi pendampingan dan penanganan. Pasalnya, setiap anak berkebutuhan khusus memiliki ciri khusus sehingga pelayanan dalam pendampingannya juga berbeda. Dalam menghadapi kesulitan siswa autistik GPK mampu mengatasi kesulitan siswa dengan menerapkan metode khusus bagi siswa autistik yaitu metode Lovvas. Sehingga dalam pembelajaran GPK implementasikan Applied Behaviour Application (ABA) yaitu Metode Lovvas dalam memudahkan siswa dalam mengurangi kesulitan dalam mengerjakan soal matematika berbentuk cerita.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd 2814123061 Dian Meiningtias
Date Deposited: 20 Nov 2019 01:44
Last Modified: 29 Mar 2020 13:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13932

Actions (login required)

View Item View Item