Wiji, Astutik (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Peserta Didik Kelas IV MI Sugihan Kampak Trenggalek. [ Skripsi ]
Text
DAFTAR RUJUKAN.docx Download (16kB) |
|
Text
AWAL WIJI.docx Download (62kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (37kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (63kB) |
|
Text
BAB III copy.docx Download (73kB) |
|
Text
BAB IV copy.docx Download (98kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
Abstract
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT), Hasil Belajar Sains. Pembelajaran Sains di SD dan MI diharapkan dapat menjadi wahana bagi para peserta didik untuk mempelajari dirinya sendiri dan alam sekitarnya. Untuk itu pembelajaran Sains menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung. Beberapa penyebab rendahnya hasil belajar Sains peserta didik kelas IV MI Sugihan Kampak Trenggalek antara lain: 1) peserta didik kurang menyukai dan kurang tertarik pada pembelajaran Sains, 2) peserta didik masih sering merasa sulit dalam mempelajari Sains, 3) metode ceramah tunggal yang monoton terlalu sering digunakan oleh pendidik dalam kegiatan pembelajaran, dan pembelajaran di dalam kelas masih berpusat pada pendidik. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh pendidik adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT, yaitu model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan atau tim kecil yang beranggotakan 4-6 orang dengan sistem pengelompokan yang heterogen di mana dalam tahap pelaksanaanya meliputi tahap penomoran, pengajuan pertanyaan, berpikir bersama dan menjawab pertanyaan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1). Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar Sains peserta didik Kelas IV MI Sugihan Kampak Trenggalek? 2). Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar Sains peserta didik Kelas IV MI Sugihan Kampak Trenggalek? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : 1). Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan hasil belajar Sains peserta didik Kelas IV MI Sugihan Kampak Trenggalek. 2). Untuk mengetahui hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pelajaran Sains peserta didik kelas IV MI Sugihan Kampak Trenggalek. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah pengalaman serta wawasan dalam bidang penulisan maupun penelitian. Bagi MI Sugihan Kampak Trenggalek dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan mutu kualitas pengajaran, baik bagi guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus PTK. Subyek pengumpulan data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Sugihan Kampak Trenggalek pada semester genap Tahun Ajaran 2011-2012. Teknik pengumpulan data yang dipakai oleh peneliti adalah tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis. Hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 72,08 meningkat menjadi 82,78 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar Sains peserta didik kelas IV MI Sugihan Kampak Trenggalek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 27 Mar 2015 06:42 |
Last Modified: | 27 Mar 2015 06:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1396 |
Actions (login required)
View Item |