TUTUT KHOIRUROH, 2811133263 (2019) STRATEGI GURU AKHIDAH AKLAK DALAM MENANAMKAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (658kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (452kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (41kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (271kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (145kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (193kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akhidah Aklak dalam Menanamkan Emosional Quotien (EQ) di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Tutut Khoiruroh, NIM. 2811133263, dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Ag. Kata Kunci: Strategi, Emosional Quotien (EQ). Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi bahwa pendidikan seharusnya tidak hanya untuk pengembangan kecerdasan intelektual saja, tetapi juga untuk memperhatikan, menumbuh serta meningkatkan kecerdasan emosional pada diri peserta didik. Sehingga peserta didik mampu berinteraksi kepada orang lain dalam penguasan emosi yang artinya cerdas secara emosional. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana guru Akhidah Aklak dalam mengenali emosi diri siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana guru Akhidah Aklak dalam mengelola emosi siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (3) Bagaimana guru Akhidah Aklak dalam memotivasi diri siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui guru Akhidah Aklak dalam mengenali emosi diri siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. 2) Untuk mengetahui guru Akhidah Aklak dalam mengelola emosi siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. 3) Untuk mengetahui guru Akhidah Aklak dalam memotivasi diri siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pemaparan informan temuan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode ini digunakan untuk menggali data tentang sarana, dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Analisis data dilakukan dengan metode analisis terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam menanamkan kecerdasan emosional siswa guru memiliki strategi khusus 1) dalam mengenali emosi diri siswa a) melalui mengenal karakter siswa, b) mengenali jiwa atau perasaan serta akhlak siswa, c) komunikasi yang baik dengan siswa, dan d) melalui sholat berjama’ah. Kegiatan yang lain melalui belajar bersama, mengaji al-qur’an, dan tes psikologi. 2) dalam mengelola emosi siswa, guru memiliki usaha menyesuaikan dengan kondisi jiwa siswanya, sehingga seorang guru dapat memperlakukan muridnya sesuai dengan sifat atau karakternya. 3) dalam menanamkan motivasi diri siswa, guru mempunyai berbagai cara a) mengundang orang tua, b) adanya hubungan moral, sepuluh menit pertama diberikan motivasi, memberikan hadiah atau poin nilai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133263 TUTUT KHOIRUROH |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 02:17 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 02:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14062 |
Actions (login required)
View Item |