STRATEGI LITERASI ALQURAN PADA LANSIA DI MUSHALLA ASY-SYAFA’AH BAGO KECAMATAN TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG

KUNI ‘UMDATUN NASIKAH, 17201153229 (2019) STRATEGI LITERASI ALQURAN PADA LANSIA DI MUSHALLA ASY-SYAFA’AH BAGO KECAMATAN TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

ABSTRAK Kuni „Umdatun Nasikah, NIM 17201153229, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN), dibimbing oleh Dr. Muhammad Jazeri, S.Ag, M.Pd, menulis penelitian skripsi dengan judul “Strategi Literasi Alquran pada Lansia di mushalla Asy-Syafaah Bago Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung.” Kata kunci: strategi, literasi Alquran pada lansia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena ditemukannya para lansia yang masih belajar membaca Alquran, tetapi mereka juga masih sulit memahami teori dan praktik ilmu tajwid dengan baik dan benar. Artinya kesulitan mengucapkan huruf dan menghafalkan panjang pendek huruf. Fenomena tersebut mengharuskan adanya strategi literasi Alquran (membaca) yang tepat dari seorang guru untuk meminimalisir kesulitan tersebut. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi literasi Alquran pada lansia di mushalla Asysyafaah Bago kecamatan Tulungagung kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi literasi Alquran pada lansia di mushalla Asy-syafaah Bago kecamatan Tulungagung kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi strategi literasi Alquran pada lansia di mushalla Asy-syafaah Bago kecamatan Tulungagung kabupaten Tulungagung? Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan simpulan, sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan dengan cara ketekukan pengamatan, pembahasan sejawat, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian di mushalla Asy-Syafa‟ah Bago kecamatan Tulungagung kabupaten Tulungagung yakni: 1) Perencanaan pembelajaran strategi literasi Alquran di mushalla Asy-Syafa‟ah Bago kecamatan Tulungagung kabupaten Tulungagung berlandaskan pada beberapa masalah pokok untuk mencapai keberhasilan yaitu pendekatan teacher centred. Persiapan mengajar yaitu menyiapkan fisik dan mental yang kuat, waktu, sarana, murid yang siap belajar. Metode acuan menggunakan metode adz-dzikru. Jenis metode yang diambil dari modul adz-dzikru. Metode adz-dzikru bercabang menjadi empat metode setelah diterapkan pada lansia yang masih melalui proses tahap penyampurnaan bacaan Alquran. Metode tersebut ialah metode cerita, metode membaca bersama-sama, metode ceramah, dan metode demonstrasi. Tehnik pengajarannya dilakukan dengan pembetulan kesalahan bacaan secara langsung. Ketika salah membaca segera diingatkan dan diberikan contoh membaca dan mengucapkan huruf dengan baik dan benar. Kemudian, dibaca berulang-ulang sampai tuntas. Penyampaian materi disertai gaya yang khas dari ustadz. Target pembelajarannya yaitu peserta xix literasi dapat membaca, mempunyai bacaan yang lebih bagus, semangat terus ingin belajar, dan khatam membaca Alquran dalam beberapa tahun, serta dapat mengubah pola cara membaca. (2) Pelaksanaan strategi literasi Alquran di mushalla Asy-Syafa‟ah Bago kecamatan Tulungagung kabupaten Tulungagung melalui tiga tahap proses pembelajaran yaitu kegiatan awal berisi salam, membaca Al-Fatihah, dan mempersiapkan Alquran (membuka surat yang akan pelajari). Kegiatan inti berisi membaca ayat terus menerus sampai akhir pembelajaran dengan membaca bersama-sama, pembetulan kesalahan membaca yang disertai pemberian contoh (menggerakkan bibir untuk menghasilkan makharijul huruf yang baik dan benar) dan pengulangan sampai tuntas, mempelajari waqaf dan ibtida’, sesi tanya jawab di luar materi, dan latihan menggunakan tingkatan lagu rost. Kegiatan akhir berisi membaca doa khatam Alquran, doa kafaratul majlis, dan membaca potongan surat Al-Kahfi, kemudian salam. (3) Evaluasi strategi literasi Alquran di mushalla Asy-Syafa‟ah Bago kecamatan Tulungagung kabupaten Tulungagung melalui tiga cara yang dilakukan secara bertahap yakni membaca kelompok besar, kelompok kecil, lalu individu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153229 KUNI ‘UMDATUN NASIKAH
Date Deposited: 03 Dec 2019 04:04
Last Modified: 03 Dec 2019 04:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14071

Actions (login required)

View Item View Item