ULFA YULIA FATMAWATI, 17210153016 (2019) PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK DONGENG PADA SISWA KELAS VII SMPIQU AL-BAHJAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (256kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (257kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (213kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (88kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) |
Abstract
ABSTRAK ULFA YULIA FATMAWATI. 17210153016.2019.penerapan metode cooperative script dalam pembelajaran menyimak dongeng pada kelas VII SMPIQu Al-Bahjah Tulungagung. Skripsi. Jurusan Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Mustofa, S.S., M.Pd. Kata kunci: metode cooperative script, menyimak, dongeng Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penerapan metode cooperative script menyimak teks dongeng pada siswa kelas VII SMPIQu AlBahjah Tulungagung; 2) Mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan menggunakan metode cooperative script menyimak dongeng pada kelas VII SMPIQu Al-Bahjah Tulungagung. Penelitian ini termasuk penelitian jenis deskriptif kualitatif. Sumber data adalah satu guru yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamat, triangulasi, dan pemeriksanaan atau pengecekan teman sejawat. Setiap guru senantiasa mengharapkan agar peserta didik dapat mencapai hasil belajar yang maksimal baik di ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode cooperative script dalam menyimak dongeng pada kelas VII SMPIQu Al-Bahjah Tulungagung. 2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan menggunakan metode cooperative script pada kelas VII SMPIQU Al-Bahjah Tulungagung. Adapun tujuan untuk Mendeskripsikan penerapan metode cooperative script dalam menyimak dongeng pada siswa kelas VII dan Mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan menggunakan metode cooperative script dalam menyimak dongeng pada kelas VII SMPIQu Al-Bahjah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode cooperative script dalam menyimak dongeng antara lain: 1. Pembelajaran menyimak dongeng: pembelajaran menyimak dongeng dengan menggunakan metode cooperative script; 2. pelaksanaan pembelajaran: a. membuka pelajaran, b. metode pembelajaran : sudah efektif dalam pembelajaran karena mengunakan metode.cooperative script lebih menarik. evaluasi pembelajaran: hasil dari pembelajaran menyimak dongeng.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 17210153016 ULFA YULIA FATMAWATI |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 03:26 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 03:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14072 |
Actions (login required)
View Item |