PENERAPAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PANTI ASUHAN AHMAD YANI AL-MUSLIMUN KEPATIHAN TULUNGAGUNG

MUTHIAH ZAHRATUL UMMAH, 17205153290 (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PANTI ASUHAN AHMAD YANI AL-MUSLIMUN KEPATIHAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (148kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Pembelajaran Al-Qur’an Di Panti Asuhan Ahmad Yani Al-Muslimun Kepatihan Tulungagung” ini ditulis oleh Muthiah Zahratul Ummah, NIM 17205153290, dosen pembimbing Luluk Atirotu Zahroh, M.Pd NIP. 1971026 199903 02. Kata kunci: Penerapan Pembelajaran Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh anggapan peneliti mengenai keistimewaan penerapan yang diterapkan di Panti Asuhan Ahmad Yani AlMuslimun. Peneliti ingin mengetahui penerapan apa yang digunakan oleh pengasuh, pengurus dan ustadz sehingga bacaan ayat yang dihasilkan sesuai dengan kaidah yang benar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : 1. Bagaimana penerapan metode pembelajaran Al-Qur’an yang diterapkan di panti asuhan Ahmad Yani Al-Muslimun ? 2. Bagaimana langkah-langkah penerapan pembelajaran Al-Qur’an yang diterapkan di panti asuhan Ahmad Yani AlMuslimun ? 3. Bagaimana hasil penerapan pembelajaran Al-Qur’an di panti asuhan Ahmad Yani Al-Muslimun ?. Tujuan penelitian ini adalah 1. untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Al-Qur’an di panti asuhan Ahmad Yani Al-Muslimun. 2. untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran Al-Qur’an di panti asuhan Ahmad Yani Al-Muslimun. 3. untuk mendeskripsikan hasil penerapan pembelajaran Al-Qur’an di panti asuhan Ahmad Yani Al-Muslimun. Rancangan penelitian: pendekatan: kualitatif; jenis penelitian: deskripstif; lokasi penelitian: Panti Asuhan Ahmad Yani Al-Muslimun Kepatihan Tulungagung; sumber data: observasi, wawancara, dokumentasi; teknik analisis data: reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan; pengecekan dan keabsahan data: perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian: 1. Metode yang diterapkan saat pembelajaran Al-Qur’an di Panti Asuhan Ahmad Yani Al-Muslimun yaitu metode sorogan dengan menggunakan teknik tilawati, metode hafalan dengan teknik auditori dan metode study islami yang dilakukan saat liburan sekolah atau libur panjang tertentu. 2. Langkahlangkah yang diterapkan saat pembelajaran Al-Qur’an di Panti Asuhan Ahmad Yani Al-Muslimun yaitu diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh ustadz dengan membaca doa bersama dan surat Al-Fatihah bersama, dilanjutkan dengan santri membaca ayat yang telah dipelajari secara bersama, kemudian santri akan setoran membaca ayat dihadapan ustadz secara bergantian, setelah itu santri akan ditanya seputar materi yang telah diajarkan, lalu ustadz akan mengevaluasi pembelajaran, dan terakhir akan ditutup dengan doa bersama. 3. Hasil rata-rata yang didapatkan ketika pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode sorogan teknik tilawati, hafalan dengan teknik auditori dan metode study Islami ini adalah santri dapat membaca secara tartil dan sesuai dengan kaidah yang ada. Sedangkan hasil khususnya dalah santri dapat berkompetensi secara sehat dengan temannya untuk dapat melafalkan dengan baik dan benar, kemudian santri juga lebih mandiri dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153290 MUTHIAH ZAHRATUL UMMAH
Date Deposited: 10 Jan 2020 07:15
Last Modified: 10 Jan 2020 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14105

Actions (login required)

View Item View Item