NASSAREEN PUYU, 17210153031 (2019) PROBLEMATIKA GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENGGUNAKAN BUKU TEKS DI SMPN 1 SUBERGEMPOL. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (394kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Problematika Guru Bahasa Indonesia dalam Menggunakan Buku Teks di SMPN 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Nassareen Puyu, NIM:17210153031, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institus Agama Inslam Negeri Tulungagung, pembimbing Muyassarah, S.S, M.Pd. Kata kunci : Penggunaan, buku teks pembelajaran bahasa Indonesia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena guru sering mengangap buku teks sebagai bahan ajar yang terpenting dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Oleh karena itu, peneliti meneliti tentang problematika guru bahasa Indonesia dalam menggunakan buku teks supaya guru dapat menggunakan buku teks semaksimal mungkin. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) penggunaan buku teks dalam pembelajaran bahasa indonesia kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol? (2) problematika yang dihadapi guru bahasa Indonesia dalam menggunakan buku teks saat pembelajaran? (3) solusi guru dalam menghadapi problematika dalam penggunaan buku teks? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan problematika guru, permasalahan dan cara menyelesaian menggunakan buku teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia tersebut. Skripsi ini bermanfaat bagi peneliti dapat menambah pengetahuan tentang problematika guru bahasa indonesia dalam menggunakan buku teks. Bagi mahasiswa dapat digunakan sebagai bahan acuan dan masukan dalam mempelajari bidang ilmu. Bagi akademik sebagai bahan referensi di dalam kajian penelitian selanjutnya dalam bidang yang sama. Bagi guru dapat digunakan sebagai bahan mengevaluasi pembelajaran saat menggunakan buku teks. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara, (2) observasi dan (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data (1) reduksi data, (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan data penulis menggunakan pengamatan sepanjang pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penggunaan buku teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat diketahui bahwa guru menggunakan buku teks bahasa Indonesia sebagai buku pedoman pembelajaran pokok dan satu-satunya. Tidak hanya itu, guru masih memerlukan media sebagai fariasi untuk melengkapi materi yang kurang jelas dari buku teks yang digunakan. (2) problematika yang dihadapi guru bahasa Indonesia dalam menggunakan buku teks saat pembelajaran, yaitu (a) masih membutuhkan media lain, (b) pergantian buku pegangan siswa saat terjadi revisi kurikulum, dan (c) terlalu tebalnya halaman buku. dan (3) Solusi guru dalam menghadapi problematika dalam penggunaan buku teks, yaitu (a) mengadakan media lain, (b) melakukan browsing di internet, dan (c) membagikan rangkuman materi kepada siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 17210153031 NASSAREEN PUYU |
Date Deposited: | 10 Jan 2020 07:18 |
Last Modified: | 10 Jan 2020 07:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14117 |
Actions (login required)
View Item |