PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS MULTIKULTURAL DI MTSN 2 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD FARID TAUFIQURROHMAN, 17201153287 (2019) PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS MULTIKULTURAL DI MTSN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (81kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Multikultural di MTsN 2 Tulungagung” ini yang ditulis oleh Muhammad Farid Taufiqurrohman, NIM. 17201153287, dengan bimbingan oleh Dr. Ahmad Nurcholis, M.Pd. NIP. 197808012009011006. Kata Kunci : Pembelajaran akidah akhlak, Multikultural Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena anarkisme di kalangan kelompok-kelompok radikal yang tidak memiliki pemahaman toleransi. Mulai dari demonstrasi di pusat yag berakibat permusuhan serta maraknya radikalisme tekstualisme yang belum memahami hakikat dari pentingnya pendidikan multikultural. Berangkat dari hal tersebut peneliti ingin menganalisis dan mendeskripsikan tentang pembelajran akidah akhlak berbasis multikultural di MTsN 2 Tulunagung, yang diharapkan mampu memberikan konstribusi terhadap pemahaman generasi remaja Indonesia terhadap pentingnya toleransi dan pendidikan multikulturalisme di lingkungan madrasah. Fokus skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran akidah akhlak berbasis multikultural di MTsN 2 Tulungagung ? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak berbasis multikultural di MTsN 2 Tulungagung ? (3) Bagaimana problematikan pembelajaran akidah akhlak berbasis multikultural di MTsN 2 Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran akidah akhlak berbasis di MTsN 2 Tulungagung, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak berbasis multikultural di MtsN 2 Tulungagung, (3) Mendeskripsikan problematika pembelajaran akidah akhlak berbasis multikultural di MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripptif fenomonologis. Lokasi penelitian ini di Desa Tunggangri, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan data reduksi (reduksi data), data display (penyajian data), consclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Pengabsahan data mengunakan perpanjangan kehadiran peneliti, triagulasi dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran akidah akhlak beerbasis multikultural disusun mengacu pada silabus kurikulum 2013 dan memahami keberagaman kultur siswa serta lingkungan sekitar madrasah. (2) pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak berbasis multikultural; pertama, pembelajaran di kelas yang sesuai dengan RPP yang sudah disusun sebelumnya. Kedua, melalui kegiatan-kegiata diluar kelas seperti sholat dhuha berjamaah, mengaji kitab kuning, pramuka, paskibraka, grub sholawat dan drum band. Kegiatan-kegiatan tersebut membiasakan siswa saling menghargai keberagaman antara satu sama lain. (3) Problematika pembelajaran akidah akhlak berbasis multikultural tidak begitu tampak, namun yeng perlu diperhatikan adalah problem dari siswa yang ditinggalkerja orang tuanya bekerja sebagai TKI. Siswa yang orang tuanya bekerja menjadi TKI kurang mendapatkan perhatian dan kontrol ketika sepulang sekolah atau di rumah. Solusi dari problematika tersebut yaitu; (a) guru memperlakukan semua siswa dengan perlakuaan yang sama, (b) guru bersepakat untuk lebih sabar dan telaten menghadapi siswa yang orang tuanya menjadi TKI, (c) memberikan pelajaran BK di kelas selama 1 jam per minggu, bekerja sama dengan wali kelas, serta melakukan komunikasi dengan wali siswa yang ada di rumah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mahasiswa 17201153287 farid
Date Deposited: 19 Dec 2019 06:46
Last Modified: 26 Jun 2020 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14125

Actions (login required)

View Item View Item