KUZAIMATUL MILA, 17201153237 (2019) METODE TAHFIDZ Al-QUR’AN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PESANTREN AL-QUR’AN ASY-SYAFA’ATIYAH TAWANGREJO WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (903kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (909kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (400kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Metode Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Islam Pesantren Al-Qur’an Asy-Syafa’atiyah Tawangrejo Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Kuzaimatul Mila, NIM. 17201153237, Tahun 2019, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang di bimbing oleh Bapak Muh. Basuni, M. Pd. NIP. 197803122003121001 Kata Kunci : Metode, Tahfidz Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan waktu seseorang dalam mengkhatamkan hafalan Al-Qur’an ada yang cepat ada pula yang sampai bertahun-tahun lamanya. Dalam menghafal Al-Qur’an itu pasti ada faktor pendukung dan penghambat, terlebih jika seseorang itu hafalan Al-Qur’an dengan menyambi kesibukan yang lain. Pastinya akan banyak hambatan yang dialami. Oleh sebab itu, setiap orang yang hafalan Al-Qur’an harus memiliki metode menghafal Al-Qur’an agar selesai 30 juz. Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian adalah: 1) Metode tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Islam Pesantren Al-Qur’an Asy-Syafa’atiyah Tawangrejo Wonodadi Blitar. 2) Faktor pendukung dan penghambat metode tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Islam Pesantren Al-Qur’an Asy-Syafa’atiyah Tawangrejo Wonodadi Blitar? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi adalah : : 1) Untuk mengetahui metode tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Islam Pesantren Al-Qur’an Asy-Syafa’atiyah Tawangrejo Wonodadi Blitar. 2) Untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat metode tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Islam Pesantren Al-Qur’an Asy-Syafa’atiyah Tawangrejo Wonodadi Blitar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara peneliti lakukan kepada pengasuh dan beberapa santri yang menghafalkan Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Islam Pesantren Al-Qur’an Asy-Syafa’atiyah Tawangrejo Wonodadi Blitar. Hasil temuan penelitian menunjukkan: 1) Metode tahfidz Al-Qur’an yang digunakan di Lembaga Pendidikan Islam Pesantren Al-Qur’an Asy-Syafa’atiyah Tawangrejo Wonodadi Blitar adalah Bin-Nadhor, Talaqqi, sema’an (tasmi’), Taqrir, Muroja’ah. 2) faktor pendukung diantaranya: Semangat untuk terus menerus menghafal secara istiqomah, kemampuan yang cerdas, lisan yang fasih ,disiplin waktu , adanya komunikasi yang baik antara pengasuh asatidz dan santri. Selain itu ada faktor penghambat metode Al-Qur’an Rasa malas, lupa denga hafalan yang sudah dihafalkan ,kurang bisa mengatur waktu dengan baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153237 KUZAIMATUL MILA |
Date Deposited: | 20 Dec 2019 07:34 |
Last Modified: | 20 Dec 2019 07:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14134 |
Actions (login required)
View Item |