NUREEDA KALONG, 17201153538 (2020) STRATEGI PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA [STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH (MA) DARUL HIKMAH TAWANGSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG]. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (791kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa [Studi Kasus di Madrasah Aliyah (MA) Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung]” ini ditulis oleh Nureeda Kalong, NIM. 17201153538, Pembimbing Dr. H. Muh. Kharis, M.Pd.. Kata Kunci: Strategi Pembinaan, Akhlakul Karimah, Siswa Strategi merupakan suatu komponen yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Terlebih lagi terkait dengan membina akhlakul karimah siswa. Dalam proses membina akhlakul karimah siswa, seorang Guru harus memiliki strategi yang tepat karena dengan adanya strategi maka pembinaan akhlakul karimah siswa bisa berjalan dengan baik dan maksimal. Maka peneliti ingin melihat usaha-usaha yang dilakukan oleh guru dalam rangka membina akhlakul karimah siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pembinaan akhlakul karimah siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana kendala strategi pembinaan akhlakul karimah siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana dampak strategi pembinaan akhlakul karimah siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan strategi pembinaan akhlakul karimah siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan kendala strategi pembinaan akhlakul karimah siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung. (3) Untuk mendiskripsikan dampak strategi pembinaan akhlakul karimah siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara-mendalam (2) observasi-partisipan dan (3) dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan dapat memperoleh data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di MA Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan tiga tahap adalah: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan (1) perpanjang keikutsertaan, (2) ketekunan/keajegan pengamatan, dan (3) triangulasi. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan akhirnya menghasilkan sesuatu kesimpulan sebagai berikut: (1) Strategi pembinaan akhlakul karimah siswa melalui strategi teladan, pembiasaan, nasehat, cerita, dan ganjaran (2) kendala strategi pembinaan akhlakul karimah siswa yaitu kurangnya kesadaran para siswa, latar xiii belakang siswa yang kurang mendukung dan tempat/fasilitas kurang kondusif. (3) dampak strategi pembinaan akhlakul karimah siswa adalah sangat berhasil. Keberhasilan strategi tersebut tercerminkan dari siswa yang bersikap dewasa, siswa lebih memahami materi akhlakul karimah dari sebelumnya, dan menerapkan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153538 NUREEDA KALONG |
Date Deposited: | 10 Jan 2020 02:40 |
Last Modified: | 10 Jan 2020 02:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14210 |
Actions (login required)
View Item |