BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI SMPN 3 NGUNUT KELAS VIII-I TAHUN AJARAN 2019/2020

ROMAFI WK, 17204153091 (2020) BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI SMPN 3 NGUNUT KELAS VIII-I TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Teorema Pythagoras di SMPN 3 Ngunut Kelas VIII-I Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Romafi Wahyu Kurniawan, NIM. 17204153091, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S. Pd., M. Si. Kata kunci: Analisis, Berpikir, Reflektif, Memecahkan Masalah Analisis berpikir reflektif ini didasarkan pada fenomena di mana kecenderungan pada guru matematika yang kurang mengoptimalkan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran matematika. Khususnya kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu berpikir reflektif. Kemampuan berpikir reflektif siswa dalam penelitian ini meliputi 3 fase, yaiut: Reacting, Comparing, dan Contemplating. Salah satu aktivitas untuk mengetahui seberapa besar kemampuan berpikir reflektif subjek adalah memecahkan masalah. Berpikir reflektif baik digunakan untuk memahami kemampuan siswa dalam berbagai materi matematika, salah satunya materi Teorema Pythagoras, di mana dalam materi ini siswa masih kurang begitu aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan siswa hanya sekadar menerima apa yang disampaikan oleh guru tanpa memahami betul konsep yang ada dalam materi tersebut. Berkenaan dengan penjelasan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan berpikir reflektif siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah pada Teorema Pythagoras kelas VIII-I di SMPN 3 Ngunut Tahun Ajaran 2019/2020. (2) Mendeskripsikan berpikir reflektif siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah pada Teorema Pythagoras kelas VIII-I di SMPN 3 Ngunut Tahun Ajaran 2019/2020. (3) Mendeskripsikan berpikir reflektif siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah pada Teorema Pythagoras kelas VIII-I di SMPN 3 Ngunut Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMPN 3 Ngunut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes yang diberikan adalah tes berpikir reflektif yang terdiri dari dua soal tentang Teorema Pythagoras. Teknik wawancara digunakan untuk mendalami pemahaman pemahaman konsep matematis pada subjek. Pengambilan subjek didasarkan pada kemampuan matematis siswa tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan berpikir reflektif yang ditinjau dari kemampuan matematis siswa dengan kemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Berikut bukti kemampuan matematis siswa, (1) Pada penyelesaian soal untuk siswa pada kategori tinggi, kemampuan berpikir reflektif siswa sangat tinggi. Hal ini terbukti karena pada semua soal siswa dikatakan reflektif. (2) Pada penyelesaian soal untuk siswa pada kategori sedang, kemampuan berpikir reflektif siswa adalah tinggi. Hal ini terbukti karena hampir semua soal siswa dikatakan reflektif dan terdapat satu soal di mana siswa dikatakan cukup reflektif. (3) Pada penyelesaian soal untuk siswa pada kategori rendah, kemampuan berpikir reflektif siswa adalah sedang. Hal ini terbukti karena dari hasil analisis soal siswa dikatakan kurang reflektif, cukup reflektif, dan reflektif. Ketelitian siswa dalam memecahkan masalah mempengaruhi kemampuan berpikir reflektif siswa. Terdapat siswa yang masih belum mengerti sepenuhnya tentang materi prasyarat dari Teorema Pythagoras.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153091 Romafi WK
Date Deposited: 13 Jan 2020 02:31
Last Modified: 25 Mar 2020 08:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14213

Actions (login required)

View Item View Item