PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMEN TERHADAP HASIL BELAJARSISWA KELAS VIIIPADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULONSUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

MUHAMMAD YUSUF HAMDANI, 17201153409 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMEN TERHADAP HASIL BELAJARSISWA KELAS VIIIPADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULONSUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournamen Terhadap Hasil BelajarSiswa Kelas VIIIPada Mata Pelajaran Fikih di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” yang sibimbing oleh Anisatul Mufarokah. S.Ag. M.Pd. Kata kunci: Teams Games Tournament (TGT), HasilBelajar Model pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru didalam pembelajaran sangat berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa, kebanyakan guru hanya menggunakan model belacara dengan metode ceramah yang akan membuat siswa akan merasa bosan dan kurang menarik yang pasti pembelajran menjadi tidak kondusif dan akibatnya mempengaruhi hasil belajar siswa. Dalampenelitianinipenelitimenggunakan model pembelajaranTeams Games Tournamen(TGT).Model pembelajaranTeams Games Tournamen(TGT) merupakansalahsatutipeatau model pembelajarankooperatif yang menempatkansiswadalamkelompok-kelompokbelajar.Dalam model tersebutterdapatsebuahturnamenuntukmengukurpemahamansiswadanpenghargaankelompok yang menjadikansiswalebihbersemangatdalam proses pembelajaran. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1) Apakahterdapatpengaruh model pembelajaranTeams Games Tournamentterhadaphasilbelajarkognitifsiswakelas VIII padamatapelajaranFikih di MTs DarulFalahBendiljatiKulonSumbergempolTulungagungTahunAjaran 2018/2019? (2) Apakahterdapatpengaruh model pembelajaranTeams Games Tournamentterhadaphasilbelajarafektifsiswakelas VIII padamatapelajaranFikih di MTs DarulFalahBendiljatiKulonSumbergempolTulungagungTahunAjaran 2018/2019? (3) Apakahterdapatpengaruh model pembelajaranTeams Games Tournamentterhadaphasilbelajarpsikomotoriksiswakelas VIII padamatapelajaranFikih di MTs DarulFalahBendiljatiKulonSumbergempolTulungagungTahunAjaran 2018/2019 (4) Apakahterdapatpengaruh model pembelajaranTeams Games Tournamentterhadaphasilbelajarkognitif, afektifdanpsikomotoriksiswakelas VIII padamatapelajaranFikih di MTs DarulFalahBendiljatiKulonSumbergempolTulungagungTahunAjaran 2018/2019 MetodedalamPenelitianinimenggunakanpendekataneksperimendenganQuasi Eksperimen Design ataudesaineksperimensemutipePosttest Only, Non-equivalent Control Group Design.Variabelbebasdalampenelitianiniadalahpembelajaran Team Game Tournament, variabelterikatnyaadalahhasilbelajarfiqihsiswakelas VIII di MTs DarulFalahTulungagungberjumlah 159siswa.Sampel yang digunakandalampenelitianinisebanyak 70siswadarikelaseksperimen(VIIIC) dankelaskontrol (VIIIE).Teknik yang digunakanuntukpengambilan data yaitutes, angket, danpraktek. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa(1) Ada pengaruh yang positifdansignifikandenganpenggunaan model pembelajranTeams Game Tournament (TGT) terhadaphasilbelajarkognitfdengananalisisdiperolehthitung= 7,326 sedangkannilaittable= 1,69389 dengantarafnyata α = 0,05 dengannilai sig. (2-tailed) = 0.000, (2) Ada pengaruh yang positif da signifikandenganpenggunaanmodel pembelajaran Team Game Tournament (TGT) terhadaphasilbelajarAfektifdengananalisisdiperolehttable= 2,981 sedangkannilaithitung= 1,69389 dengantarafnyata α = 0,05 dengannilai sig. (2-tailed¬) = 0.004, (3) Ada pengaruh yang positifdansignifikandenganpenggunaan model pembelajran Team Game Tournament (TGT) terhadaphasilbelajarPsikomotorikdengananalisisdiperolehttabel= 3.646 sedangkannilaithitung= 1,69389 dengantarafnyata α = 0,05 dengannilai sig (2-tailed)= 0,001, (4) Ada pengaruh yang positifdansignifikandenganpenggunaan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) terhadaphasilbelajarKognitif, Afektif, danPsikomotorikdengananalisi MANOVA denganhasilnilaiftable= 53,676 sedangkannilaifhitung3.13 untukranahKognitif, dannilaiftable= 8,886 sedangkannilaifhitung= 3.13 untukranahAfektif, sedangkanuntukranahPsikomotoriknilaiftable= 12,979 sedangkannilaifhitung= 3.13 dengantaraf sig (2-tailed) = 0,000, 0,004, 0,001.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153409 Muhammad yusuf hamdani
Date Deposited: 24 Sep 2020 04:00
Last Modified: 24 Sep 2020 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14226

Actions (login required)

View Item View Item