Indah Sri, Rahayu (2010) Problematika Pembelajaran pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits dan Cara Mengatasinya [Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ulum Pojok Ponggok Blitar]. [ Skripsi ]
Text
HALAMAN DEPAN-indah.docx Download (84kB) |
|
Text
LAMPIRAN BELAKANG-indah.docx Download (431kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB III-indah.doc Download (65kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB II-indah.doc Download (159kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB I-indah.doc Download (74kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB IV-indah.docx Download (73kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB V-indah.docx Download (21kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pendidikan Islam masa kini yang semakin dihadapkan pada tantangan yang lebih berat, diantaranya adalah timbulnya aspirasi dan idealitas umat manusia yang serba multi interst dan berdimensi nilai ganda yang diikuti pula dengan adanya tuntutan hidup yang multi kompleks sehingga perlu diadakan orientasi pendidikan agama khususnya pelajaran Al-Qur’an Hadits sebagai pelajaran yang mendasari pelajaran lain. Dalam menghadapi kenyataan di atas, MI Darul Ulum merasa perlu mengharap berbagai upaya untuk mengatasi pembelajaran pada siswa. Diharapkan agar siswa atau anak didik mampu menjadi kader-kader Islami yang mempunyai IPTEK tinggi dan Imtaq yang kuat sehingga nantinya mempunyai kualitas SDM yang bermutu. Pokok bahasan yang menjadi fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Apa problem yang dihadapi guru dalam pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Darul Ulum Pojok Ponggok Blitar? (2) Bagaimana cara guru dalam mengatasi problem pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Darul Ulum Pojok Ponggok Blitar? Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi lalu dianalisis secara induktif. Dari hasil penelitian diperoleh fakta bahwa masalah pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang dilakukan guru dalam aspek afektif dan psikomotorik sudah cukup baik. Selain itu, hasil penelitian pun menunjukkan bahwa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ada beberapa siswa yang mampu berprestasi dan mengangkat citra nama baik MI dan ada perubahan tingkah laku siswa baik yang ikut TPQ maupun yang tidak ikut TPQ dalam menjalani dan mengamalkan nilai-nilai yang bersumber dari Al-Qur’an Hadits. Adapun problem yang dihadapi guru dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits adalah faktor pendidik yang kurang profesional, faktor anak didik yang latar belakang pendidikannya bervariasi, faktor lingkungan yang kurang mendukung, serta faktor sarana dan prasarana yang kurang memadai. Sedangkan cara yang dilakukan guru dalam mengatasi problem pembelajaran Al-Qur’an Hadits adalah dengan meningkatkan profesionalisme guru dengan mengikuti penataran kependidikan, mengadakan evaluasi hasil belajar siswa dan menambah pelajaran ekstra di luar sekolah, serta dengan melengkapi alat peraga dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 01:56 |
Last Modified: | 07 Apr 2015 01:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1423 |
Actions (login required)
View Item |