STRATEGI GURU DALAM MENGATASI SISWA KECANDUAN GAME ONLINE DI MI AL-HIKMAH JABUNG TALUN BLITAR

UMI KHUZAIMAH, 17205153306 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI SISWA KECANDUAN GAME ONLINE DI MI AL-HIKMAH JABUNG TALUN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (481kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (431kB)
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (305kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam mengatasi Siswa kecanduan Game Online di MI Al-Hikmah Jabung Talun Blitar” ini ditulis oleh Umi Khuzaimah, NIM. 17205153306, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang di bimbing oleh Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata kunci : Strategi Guru, Game Online Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena perkembangan teknologi yang ada di MI Al-Hikmah Jabung Talun Blitar yang semakin canggih dengan beragamnya media sosial yang ditawarkan khususnya game online, yang bisa dibuat dan dimiliki oleh siapa saja tak terkecuali peserta didik usia sekolah dasar. Dalam menghadapi hal tersebut seorang guru sebagai wali di sekolah berupaya untuk semaksimal mungkin bisa memberikan himbauan kepada peserta didik yang belum memiliki account game online untuk tidak menggunakannya terlebih dahulu tanpa ada pengawasan dari orang tua. Bagi yang sudah terlanjur memiliki account game online diharapkan tidak digunakan secara berlebihan. Fokus penelitian ini adalah : (1) bagaimana perencanaan guru dalam mengatasi siswa kecanduan game online di MI Al-Hikmah Jabung Talun Blitar? (2) bagaimana tindakan guru dalam mengatasi siswa kecanduan game online di MI Al-Hikmah Jabung Talun Blitar? (3) bagaimana implikasi strategi guru dalam mengatasi siswa kecanduan game online di MI Al-Hikmah Jabung Talun Blitar? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan perencanaan guru dalam mengatasi siswa kecanduan game online di MI Al Hikmah Jabung Talun Blitar. (2) untuk mendeskripsikan tindakan guru dalam mengatasi siswa kecanduan game online di MI Al-Hikmah Jabung Talun Blitar. (3) untuk mendeskripsikan implikasi strategi guru dalam mengatasi siswa kecanduan game online di MI Al-Hikmah Jabung Talun Blitar. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dari kepala madrasah, guru kelas dan siswa. Prosedur pengumpulan data meliputi : metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yag digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi : reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi (metode, sumber, waktu). Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) Terkait dengan perencanaan guru untuk mengatasi siswa gamers online (pemain game online) di MI Al-Hikmah Jabung Talun Blitar guru membuat konsep keteladanan dan motivasi, konsep keteladanan maksudnya adalah guru memberikan contoh atau perilaku yang baik didalam madrasah, sedangkan diluar madrasah orangtua berperan aktif dalam memberikanpengawasan dan pengaruh lingkungan. Sedangkan konsep motivasi maksudnya adalah pada saat menjelaskan materi pelajaran dikelas guru memberikan contoh dengan menggunakan nama karakter atau adegan dalam game online yang bertujuan agar pembelajaran menjadi menyenangkan bagi peserta didik. (2) Terkait tindakan guru untuk mengatasi siswa gamers online (pemain game online) di MI Al-Hikmah Jabung Talun Blitar guru mengadakan sosialisasi atau pembinaan mengenai dampak negatif game online kepada peserta didik serta berkoordinasi dengan orang tua untuk mengawasi anaknya pada saat dirumah. (3) Terkait pengawasan yang dilakukan guru dalam mengatasi siswa gamers online (pemain game online) di MI Al-Hikmah Jabung Talun Blitar guru memantau aktifitas siswa dengan ketat pada saat dimadrasah sehingga dapat mengisi waktu luang peserta didik ke hal-hal yang yang bermanfaat seperti berolahraga dilapangan atau membaca buku diperpustakaan. Meskipun guru tidak merubah secara keseluruhan tingkah laku siswa. Membutuhkan waktu dan proses secara rutin serta terusmenerus agar siswa menjadi pribadi yang lebih baik dan agar terhindar dari dampak negatif game online.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153306 UMI KHUZAIMAH
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:24
Last Modified: 14 Jan 2020 04:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14231

Actions (login required)

View Item View Item