IRDLA ‘ILMI DZANIS SHULHA, 17205153328 (2020) METODE THORIQOTY DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN [STUDI KASUS DI MI RADEN FATAH SELOREJO KEDIRI]. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (264kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (204kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (369kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Irdla ‘Ilmi Dzanis Shulha, NIM. 17205153328, 2019 M, “Metode Thoriqoty dalam pembelajaran Al-Qur’an [studi kasus di MI Raden Fatah Selorejo Kediri]”, Skripsi, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dosen pembimbing: Dr. H. Ali Rohmad, M.Ag. Kata Kunci: Metode Thoriqoty Fokus penelitian : 1. Bagaimana perencanaan metode Thoriqoty dalam pembelajaran Al-Qur’an di MI Raden Fatah Selorejo Kediri?; 2. Bagaimana penggunaan metode Thoriqoty di MI Raden Fatah Selorejo Kediri?; 3. Bagaimana implikasi penggunaan metode Thoriqoty terhadap peningkatan membaca Al-Qur’an siswa di MI Raden Fatah Selorejo Kediri? Kehadiran peneliti: mulai Rabu 25 Maret 2019. Sumber data: informan, peristiwa/aktivitas, dan dokumen/arsip. Teknik pengumpulan data: Observasi-partisipan, Wawancara-mendalam, dan Dokumentasi yang disertai pembuatan Ringkasan Data. Prosedur analisis data: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data: triangulasi sumber, perpanjangan penelitian, ketekunan/keajegan pengamatan, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian: 1. Hal-hal yang harus dipersiapkan oleh guru dalam pembelajaran Al-Quran dengan metode Thoriqoty adalah: mempersiapkan materi, menentukan teknik atau metode yang cocok digunakan untuk muatan materi Al-Qur’an, penggunaan media buku yang sesuai, dan semua persiapan sudah tertuang dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan mengacu pada silabus Thoriqoty; 2. Awal mula nya diterapkan metode ini dikarenakan melihat buruknya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Pelaksanaan pembelajaran Thoriqoty dilaksanakan setiap apel pagi, di hari selasa, rabu, kamis dan sabtu. pada hari selasa, rabu dan kamis kegiatan nya muroja’ah dengan materi melafalkan Juz ‘Amma berpedoman dengan buku jilid Thoriqoty yang di pelajari di kelas Thoriqoty. Sedangkan, di hari sabtu kegiatannya fasholatan. Adapula penekanan metode Thoriqoty di kegiatan ngaji pagi. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Thoriqoty di MI Raden Fatah, meliputi: a) Buku jilid Thoriqoty 1-6; b) Buku Makhorijul huruf; c) Buku Tajwid; d) Juz ‘Amma; e) Tabarokh; f) Panduan Waqaf Ibtida’; g) Gharib. Dalam pelaksanaannya pendekatan klasikal murni diterapkan pada Kegiatan muroja’ah dan fasholatan tepatnya di awal pembelajaran Al-Qur’an seperti salam dan menjawab salam. Proses pendekatan klasikal baca simak kelompok dibentuk untuk pemantapan materi dimana siswa membaca ayat Al-Qur’an secara begilir. Pendekatan klasikal baca simak individual dimana siswa pertama membaca 1 ayat atau satu baris kemudian diikuti semua peserta didik; 3. Implikasi dari metode thoriqoty ini siswa-siswi terbiasa membaca Al-Qur’an dengan menggunakan rost yang sama, penerapan tajwid dan makhorijul huruf dengan benar, dimana sudah bisa diterapkan dan dihafalkan di pembelajaran Al-Qur’an siswa. Dampak penggunaan metode Thoriqoty ini bagi alumni MI Raden Fatah sudah hafal surat Yasin, surat Al-Mulk, dan Juz 30.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153328 IRDLA ‘ILMI DZANIS SHULHA |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 04:39 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 04:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14242 |
Actions (login required)
View Item |