NOOR FADILAH, 2811133200 (2020) STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MEMBINA HAFALAN AL-QUR'AN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL FATTAHIYYAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (877kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (497kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (142kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Tahfidz Dalam Membina Hafalan Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Al Fattahiyyah Tulungagung”, ini ditulis oleh Noor Fadilah, NIM. 2811133200. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Prim Masrokan Muthohar, M.Pd., NIP. 19720608 200212 1 001. Kata Kunci: Strategi Guru Tahfidz, Membina Hafalan Al-Qur’an, Pondok Pesantren. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kebiasaan aktivitas tertentu yang dilakukan oleh tiap-tiap lembaga, baik itu lembaga formal maupun non-formal. Aktivitas tersebut dilakukan supaya kualitas pendidikan dan pembelajaran bisa lebih berkembang dari sebelumnya karena memiliki ciri khas/keunikan yang mampu menjadi daya tarik bagi orangtua dan para siswa atau santri untuk belajar dan menjadi keluarga lembaga yang bersangkutan. Fenomena itu salah satunya ialah adanya pembelajaran tahfidzul qur’an, yaitu proses mempelajari Al-Qur’an dengan cara menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pendekatan guru tahfidz dalam membina hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Al Fattahiyyah Tulungagung? (2) Bagaimana teknik guru tahfidz dalam membina hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Al Fattahiyyah Tulungagung? (3) Bagaimana metode guru tahfidz dalam membina hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Al Fattahiyyah Tulungagung? (4) Bagaimana cara guru tahfidz mengontrol dalam membina hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Al Fattahiyyah Tulungagung? Pendekatan penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan pola penelitian deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus yang bersifat naturalistik. Peneliti mendapatkan data berdasarkan data lisan, tingkah laku subjek, dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan pada observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumen. Analisis data penelitian ini mengadopsi dan mengembangkan pola interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yaitu: (1) Reduksi Data (Data Reduction). (2) Penyajian Data (Data Display). (3) Penarikan Kesimpulan atau Verifikasi (Conclusion Drawing/Verification). Hasil penelitian ini adalah: (1) Pendekatan guru tahfidz dalam membina hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Al Fattahiyyah Tulungagung ini menggunakan pendekatan berpusat pada anak, pendekatan pembiasaan dan pendekatan individu. (2) Teknik guru tahfidz dalam membina hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Al Fattahiyyah Tulungagung adalah ODOP (One Day One Page) dan ODOA (One Day One Ayat). (3) Metode guru tahfidz dalam membina hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Al Fattahiyyah Tulungagung adalah dengan metode muraja’ah, murottal, sorogan, menghafal ayat per ayat, menyetorkan kepada guru tahfidz dan tartil. (4) Cara guru tahfidz mengontrol dalam membina hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Al Fattahiyyah Tulungagung adalah dengan monitoring dan evaluasi melalui penilaian secara kontinue dan tes.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133200 NOOR FADILAH |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 03:07 |
Last Modified: | 25 Mar 2020 08:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14253 |
Actions (login required)
View Item |